Kompas.com - 24/05/2018, 16:28 WIB
Monika Novena,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Pernah bertanya-tanya mengapa burung tak punya gigi? Apakah itu akan membuat mereka lebih ringan di udara? Ataukah paruh tanpa gigi akan lebih baik untuk makan dibandingkan rahang bergerigi seperti nenek moyang mereka?

Sebuah penelitian baru memiliki teori seputar lenyapnya gigi-gigi para burung ini.

Penelitian yang dipublikasikan online dalam jurnal Biology Letters, Rabu (23/5/2018), menunjukkan bahwa burung tidak memiliki gigi supaya bisa menetas lebih cepat. Teori ini berseberangan dengan pandangan sebelumnya yang menyebut burung kehilangan gigi untuk membantu kemampuan terbang atau meningkatkan kemampuan mereka untuk makan.

Menurut penelitian, menumbuhkan gigi dapat menghabiskan 60 persen waktu inkubasi telur. Sementara makin cepat kemampuan untuk menetas maka akan meningkatkan kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup. Burung akan terhindar dari predator atau bencana.