Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Virus Baru pada Sampel Darah Kucing yang Positif FIV

Kompas.com - 21/05/2018, 21:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Para peneliti menemukan virus baru pada kucing yang mengalami masalah kekebalan tubuh. Virus tersebut masih satu keluarga dengan virus penyebab hepatitis B.

Para ahli menemukan virus hepadnavirus saat meneliti sampel darah positif FIV pada kucing yang mati karena lymphoma atau kanker sel darah putih. Feline Imunnodeficiency Virus (FIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada kucing, mirip HIV pada manusia.

"Penemuan hepadnavirus ini sangat menarik, karena keluarga virus tersebut sama dengan virus hepatitis B pada manusia dan kami baru menyadari bahwa kucing peliharaan dapat terjangkit virus tipe ini," kata Dr Julia Beatty, professor dari Feline Medicine di Universitas Sydney School and Veterinary Science.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Bermanja dan Meremas Tuannya? Sains Jelaskan

"Pentingnya temuan ini tidak dapat dilebih-lebihkan," kata Dr Kelly Diehl, Penasihat Ilmiah dan Komunikasi Senior di Morris Animal Foundation, dikutip dari Phys, Jumat (18/5/2018).

"Menemukan virus baru penyebab sebuah penyakit adalah langkah pertama untuk mengembangkan vaksin untuk mencegah infeksi. Ini sangat menarik jika vaksin dapat mencegah kanker pada kucing dengan masalah sistem kekebalan tubuh dan kucing lainnya," katanya.

Sementara itu, para ahli yang didanai Morris Animal Foundation tersebut juga menguji sampel darah dari kucing peliharaan dewasa yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Menurut catatan ahli, hepadnavirus telah menjangkiti 10 persen kucing yang terinfeksi FIV dan 3,2 persen kucing yang tidak terinfeksi FIV.

"Terlepas dari kepentingan menjaga kesehatan kucing, penemuan ini membantu kita memahami bagaimana virus hepatitis, yang dapat mematikan, berkembang di semua spesies," kata Beatty.

Penemuan para ahli dari Universitas Sydney tersebut terbit di jurnal Viruses.

Baca Juga: Mengenal Kucing Emas, Hewan Langka Keluarga Harimau 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com