Kompas.com - 18/05/2018, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Ada sebuah studi yang menyoroti soal kebersihan tempat tidur manusia. Hasilnya bisa dibilang cukup mengejutkan karena penelitian tersebut mengungkapkan bahwa tempat tidur kita jauh lebih kotor jika dibandingkan dengan tempat tidur milik simpanse.

Saat kita tidur di tempat tidur, rupanya kita tak pernah sendirian. Ada triliunan mikroba yang berada di sana, bahkan banyak di antaranya yang masih tertinggal di sana meski kita sudah beranjak pergi.

Mikroba yang tertinggal di tempat tidur ternyata bukan berasal dari luar lingkungan rumah kita. Penelitian menyebut jika 35 persen mikroba yang ditemukan di tempat tidur manusia justru berasal dari tubuh kita sendiri, termasuk bakteri fecal (bakteri yang berhubungan dengan feses), mulut dan kulit.

Tertarik dengan temuan ini, peneliti kemudian membuat sebuah perbandingan dengan simpanse, kerabat evolusi terdekat manusia.

Analisis ini untuk mengetahui mikroba yang ada di tempat tidur simpanse serta memahami hubungan mereka dengan mikroba serta arthropoda yang ada di tubuh dan habitat hutan mereka.

Baca juga: Inilah Sebabnya Manusia Jarang Melihat Simpanse Melahirkan

Peneliti kemudian menganalisis 41 tempat tidur simpanse di Lembah Issa di Tanzania barat untuk mengumpulkan sampel keragaman mikroba mereka. Peneliti juga membersihkan arthropoda dari 15 sarang.

Hasilnya sungguh mengejutkan. Mikroba tubuh yang banyak dijumpai di tempat tidur manusia justru hampir tidak ditemui di sarang simpanse.

Awalnya, peneliti menduga bahwa tempat tidur ini akan menampung banyak mikroba dari tubuh simpanse sendiri dan dari hutan di sekitar mereka.

Namun, tak satupun dari lima spesies bakteri feses yang umum dijumpai pada simpanse ada di salah satu sarang. Sebaliknya mereka hampir tidak menemukan bakteri mulut, kulit dan tinja yang begitu umum didapati tempat tidur manusia.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ruang hidup kita yang sebagian besar jauh dari mikroba lingkungan justru dihuni oleh mikroba yang kita hasilkan sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.