Kompas.com - 18/05/2018, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Ada sebuah studi yang menyoroti soal kebersihan tempat tidur manusia. Hasilnya bisa dibilang cukup mengejutkan karena penelitian tersebut mengungkapkan bahwa tempat tidur kita jauh lebih kotor jika dibandingkan dengan tempat tidur milik simpanse.

Saat kita tidur di tempat tidur, rupanya kita tak pernah sendirian. Ada triliunan mikroba yang berada di sana, bahkan banyak di antaranya yang masih tertinggal di sana meski kita sudah beranjak pergi.

Mikroba yang tertinggal di tempat tidur ternyata bukan berasal dari luar lingkungan rumah kita. Penelitian menyebut jika 35 persen mikroba yang ditemukan di tempat tidur manusia justru berasal dari tubuh kita sendiri, termasuk bakteri fecal (bakteri yang berhubungan dengan feses), mulut dan kulit.

Tertarik dengan temuan ini, peneliti kemudian membuat sebuah perbandingan dengan simpanse, kerabat evolusi terdekat manusia.

Analisis ini untuk mengetahui mikroba yang ada di tempat tidur simpanse serta memahami hubungan mereka dengan mikroba serta arthropoda yang ada di tubuh dan habitat hutan mereka.