Kompas.com - 07/05/2018, 17:31 WIB


KOMPAS.com - Pengindraan radar tiga tahun lalu mengisyaratkan ada ruang tersembunyi di makam raja Mesir, Firaun Tutankhamun.

Peristiwa ini sempat menimbulkan kehebohan di kalangan para arkeolog. Bahkan muncul spekulasi ruang rahasia itu merupakan makam Ratu Nefretiti, ibu angkat Raja Tutankhamun.

Sejak saat itu para ahli melakukan penyelidikan mendalam. Hasilnya, peneliti pastikan tidak ada ruang tersembunyi di balik dinding makam Raja Tutankhamun.

Penelitian mendalam atas kemungkinan ruang tersembunyi itu dilakukan oleh para peneliti di Universitsa Politeknik Turin, Italia.

Baca juga : Patung Berumur 4.300 Tahun Menyingkap Misteri tentang Firaun Mesir

"Studi memperlihatkan tidak ada ruangan, peninggalan, atau kerangka pintu apa pun yang bertentangan dengan teori sebelumnya. Dengan asumsi adanya gang atau ruang berdampingan di dalam makan Raja Tutankhamun," seperti tertulis dalam pernyataan Mostafa Waziri, Sekjen Dewan Agung Purbakala Mesir, Minggu (06/05), seperti dikutip kantor berita Reuters.

Ratu Nefertiti meninggal dunia pada abad ke-14 SM yang merupakan ibu angkat Tutankhamun dan temuan makamnya jelas merupakan terobosan besar dalam bidang arkeologi.

Patung Ratu Nefertiti yang dipamerkan di museum di Berlin. Patung Ratu Nefertiti yang dipamerkan di museum di Berlin.
Patung wajah yang mengabadikan kecantikannya itu kini sudah berusia sekitar 3.300 tahun dan dipamerkan di sebuah museum Berlin, Jerma. Namun, makamnya belum diketahui.

Tahun 2015 lalu, Kementrian Purbakala Mesir sempat menyatakan bahwa peluangnya 90 persen ada sesuatu di balik dinding makam Tutankhamun berdasarkan pengindraan radar awal.

Bagaimanapun saat itu beberapa pihak menuduh para pejabat Mesir sengaja mengangkat berita tersebut untuk meningkatkan industri pariwisata Mesir, yang mengandalkan peninggalan Mesir kuno.

Raja Tutankhamun sendiri mulai bertakhta ketika baru berusia sembilan atau 10 tahun hingga akhir hidupnya pada usia 19 tahun, sekitar 1324 SM.

Baca juga : Terbengkelai 150 Tahun, Peti Kuno Ternyata Berisi Mumi Pendeta Mesir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.