Kompas.com - 04/05/2018, 20:26 WIB

KOMPAS.com - Berapa teman Anda sekarang? Mungkin ada yang menjawab sampai ratusan.

Wajar sebab interaksi sosial tiap harinya mempertemukan kita dengan banyak orang yang akhirnya menjadi teman.

Namun bagaimana jika pertanyaan yang diajukan begini: berapa teman sejati kita?

Studi terbaru ternyata mengungkap jawaban mengejutkan soal itu dan mungkin bisa membantu Anda mempertimbangkan soal makna pertemanan.

Dirangkum dari Science Alert, para ahli dari MIT melibatkan 84 responden dengan rentang usia 23 hingga 38 tahun dalam sebuah penelitian.

Peneliti lantas mengamati pola hubungan para peserta yang kebetulan tergabung dalam kelas bisnis manajemen.

Mereka diminta untuk memberi nilai terhadap masing-masing rekan di kelas. Rentangnya dari 0 hingga 5. 0 untuk menandai kita tidak mengenalnya.  3 berarti teman. Lalu, 5 berarti kita menganggap dia sahabat terbaik.

Rupanya, hampir 94 persen partisipan menginginkan mereka juga dianggap teman baik oleh peserta lain. Kenyataannya, cuma 53 persen responden yang mengganggap seperti demikian.

Dengan kata lain, menurut temuan yang terbit dalam Jurnal PLos One pada tahun 2016 lalu, teman yang kemungkinan jadi sahabat terbaik sebenarnya cuma separuh dari total teman keseluruhan.  

Baca juga : Tak Hanya Rahasia, Anda Juga Berbagi Gelombang Otak dengan Sahabat

Dengan jumlah sampel yang kecil, penelitian ini boleh dikatakan masih perlu dikaji lagi. Kendati demikian, penelitian serupa yang menggunakan sampel lebih banyak juga menunjukkan hasil serupa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.