"Biohacker" yang Suntik Sendiri Obat Herpes Buatannya Ditemukan Tewas

Kompas.com - 02/05/2018, 17:35 WIB
Aaron Traywick, CEO perusahaan biomedis yang menyuntik dirinya sendiri dengan terapi gen buatannya. Aaron Traywick, CEO perusahaan biomedis yang menyuntik dirinya sendiri dengan terapi gen buatannya.

KOMPAS.com - Seorang CEO Startup biomedis ditemukan meninggal dunia. Sebelumnya, pria ini memicu kontroversi ketika dia menyuntik dirinya sendiri dengan pengobatan herpes buatannya.

Aaron Traywick, CEO Ascendance Biomedical ditemukan tewas pada Minggu (29/04/2018) waktu setempat. Dia ditemukan di ruang spa di Washington, DC.

Traywick ditemukan di tangki flotasi. Tangki flotasi adalah tabung kedap suara yang diisi dengan air asin pada suhu tubuh yang digunakan untuk melakukan terapi "pengurangan sensorik".

Saat ini, pihak kepolisian masih menyelidiki kematian Traywick. Apakah terkait dengan terapi tersebut atau hal lain.

Baca juga: Pertama di Dunia, Bocah Ini Tak Lagi Buta Setelah Lakukan Terapi Gen

Pada Oktober 2017 lalu, Traywick membuat kontroversi dengan mendemonstrasikan langsung terapi gen yang disebut untuk HIV.

Dilansir dari Live Science, Selasa (01/05/2018), pengobatan tersebut belum teruji meski pernah diberikan pada sukarelawan lain yang punya HIV, Tristan Roberts.

Setelah mendapat suntikkan tersebut, Roberts justru mendapati hasil viral load-nya naik bukan menurun. Tes viral load adalah tes untuk mengukur jumlah virus dalam darah.

“Aaron adalah seorang visioner yang bersemangat. Dia tampaknya tidak pernah lelah karena dia membawa orang bersama-sama untuk bekerja pada beberapa tantangan yang paling mengesankan yang dihadapi umat manusia, ”kata Roberts dalam sebuah pernyataan dikutip dari Vice, Selasa (01/04/2018).

“Sementara banyak orang dalam bidang biohacking tidak setuju dengan metodenya, tapi tidak ada yang meragukan niatnya,” imbuh Roberts.

Tak lama setelah demonstrasi tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan peringatan tentang penggunaan terapi gen yang belum teruji.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X