Hari Pendidikan Nasional, Sains Ungkap Usia Ideal Belajar Bahasa Baru

Kompas.com - 02/05/2018, 12:41 WIB


KOMPAS.com - Penelitian terbaru yang terbit di jurnal Cognitive, Senin (1/5/2018), menyarankan belajar bahasa baru dimulai saat usia 10 tahun agar memiliki kefasihan seperti penutur asli.

Temuan yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology di AS menyebut pembelajaran bahasa baru tetap dapat dilakukan hingga remaja.

Kemampuan memahami bahasa baru akan turun di usia 17 sampai 18 tahun.

Baca juga : Benarkah Bahasa Muncul 1,5 Juta Tahun Lebih Awal dari Perkiraan?

Dalam penelitiannya, tim mengukur kemampuan gramatikal 670.000 orang dari berbagai usia dan kebangsaan lewat kuis.

Sekitar 246.000 peserta tumbuh hanya dengan menggunakan bahasa Inggris, sementara sisanya dengan dua atau multi bahasa.

Bahasa ibu yang dimiliki para responden antara lain bahasa Finlandia, Turki, Jerman, Rusia, dan Hongaria.

Mayoritas responden berusia 20 sampai 30 tahunan. Peserta termuda 10 tahun dan yang paling tua di akhir 70-an.

Dilaporkan The Independent, Senin (1/5/2018) peserta diminta mencamtumkan umur dan sejak kapan belajar bahasa Inggris sebelum mereka menentukan apakah sebuah kalimat sudah sesuai secara gramatikal.

Setelah menganalisis jawaban dengan menggunakan model komputer, para ilmuwan menemukan pembelajaran bahasa kedua dapat diserap saat masa kecil hingga masa remaja.

Namun, bukan berarti penyerapan bahasa kedua saat dewasa tidak mungkin terjadi.

Baca juga : Ternyata, Belajar Bahasa Asing Bisa Dibantu Dengan Tidur

Hasil menunjukkan, orang yang belajar bahasa kedua setelah usia 18 tahun bisa saja memahami tata bahasa baru. Namun, kemampuannya tidak akan sama dengan penutur asli.

"Mungkin ini karena perubahan biologis, atau sesuatu yang berhubungan dengan sosial budaya," ujar rekan penulis studi Josh Tenenbaum, seorang profesor ilmu otak dan kognitif di Massachusetts Institute of Technology kepada BBC.

"Saat belajar bahasa kedua di usia 17 atau 18 tahun ada kemungkinan kemampuan penyerapan menjadi lebih kecil. Hal ini mungin karena kegiatan di luar rumah seperti bekerja, kuliah, dan sebagainya. Hal ini mungkin memengaruhi tingkat pembelajaran bahasa apa pun," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.