Kompas.com - 20/04/2018, 11:33 WIB
Palu Thor, Mjolnir digunakan untuk operasi Palu Thor, Mjolnir digunakan untuk operasi

KOMPAS.com - Film Avengers: Infinity War akan segera tayang di Indonesia. Salah satu tokoh dalam film tersebut, Thor akan ikut terlibat dalam peperangan menyelamatkan dunia tersebut.

Thor adalah salah satu tokoh yang lekat dengan senjata berupa palu. Tapi, apa jadinya jika palu milik Thor, Mjolnir digunakan untuk operasi?

Inilah yang terjadi di Australia. Seorang dokter bedah menggunakan versi miniatur dari Mjolnir untuk operasi.

Rumah sakit di Wagga Wagga, kota di New South Wales, mendapatkan palu seberat 1,3 kilogram itu dari sebuah perusahaan rekayasa biomedis lokal. Palu ini dibuat untuk menghormati Thor, tokoh dewa fiksi dalam komik dan film besutan Marvel.

Baca juga: 3 Teknologi Black Panther Ini Mungkin Terinspirasi dari Dunia Nyata

Mjolnir bedah ini terbuat dari baja bedah kelas medis.

Mungkin banyak orang yang bertanya untuk apa palu dalam operasi?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, palu ini sering digunakan untuk membentuk kembali tulang dan memasang implan.

Mjolnir media Mjolnir media

Sedangkan Mjolnir medis ini pertama kali digunakan untuk operasi pergantian lutut.
Insinyur biomedis James Keevy, salah satu yang terlibat dalam pembuatan palu tersebut menyebut, ini adalah pengalaman hebat membuat palu Mjolnir untuk rumah sakit di Wagga Wagga. Dia mengatakan, tidak seiap hari kita bisa menggabungkan buku komik favorit dengan pekerjaan harian.

"Para ahli bedah telah meminta kami untuk mendesain dan memproduksi palu kelas medis dengan peningkatan berat karena ini meningkatkan keterampilan ahli bedah dalam operasi," ungkap Keevy dikutip dari Newsweek, Kamis (19/04/2018).

"Kami sampai pada gagasan untuk menyusun Mjolnir medis kami sendiri sebagai cara mendemonstrasikan kemampuan unik untuk mengembangkan tujuan membuat alat bedah," imbuhnya.

Dengan menambahkan berat, palu ini akan mengambil alih beban dari para ahli bedah. Palu Mjolnir ini memang lebih besar dari palu bedah standar.

Namun, tak ada rencana palu Thor bedah ini dijual kepada publik.

Baca juga: Mungkinkah Vibranium Black Panther Ada di Dunia Nyata? Ini Kata Para Ilmuwan



Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X