Kompas.com - 19/04/2018, 17:35 WIB
Ilustrasi peradaban awal di Bumi Ilustrasi peradaban awal di Bumi

KOMPAS.com - Manusia terus berusaha untuk mengembangkan teknologi agar bisa membentuk koloni di Mars atau Venus. Dengan kata lain, manusia berusaha membuat peradaban pertama di kedua planet tersebut.

Namun, bagaimana jika hal ini dikembalikan ke Bumi? Pernahkah terpikir oleh Anda, benarkah manusia yang melakukan peradaban pertama di Bumi?

Mungkin pertanyaan di atas terkesan aneh atau absurd. Tapi inilah yang menjadi eksperimen dan fokus sebuah makalah ilmiah terbaru yang ditulis oleh Adam Frank, seorang astrofisikawan dari University of Rochester dan Gavin Schmidt, direktur Institut Goddard NASA untuk Studi Luar Angkasa.

Mereka menamai laporan mereka "The Silurian Hypothesis". Nama ini terinspirasi dari ras reptil fiksi cerdas dalam serial fiksi ilmiah Doctor Who.

Baca juga: Citra Satelit Ungkap Peradaban Kuno yang Terkubur di Hutan Amazon

Dalam studi yang diterbitkan di International Journal of Astrobiology ini, Frank dan Schmidt mempertanyakan apa jejak peradaban manusia yang akan ditinggalkan dan bagaimana ilmuwan masa depan membuktika keberadaan kita.

"Pertanyaan-pertanyaan ini membuat kita berpikir tentang masa depan dan masa lalu dengan cara yang berbeda, termasuk bagaimana peradaban skala planet akan tumbuh dan punah," ujar Frank dikutip dari Newsweek, Rabu (18/04/2018).

Saat ini, para peneliti melihat sidik jari geologi dari Anthropoce untuk menunjukkan usia geologi di mana aktivitas manusia yang jadi pengaruhnya.

"Ini sudah jelas bahwa aktivitas manusia akan mempengaruhi catatan geologis yang terjadi hari ini," tulis laporan tersebut.

Salah satu contohnya adalah pembakaran bahan bakar fosil oleh manusia. Hal ini berdampak pada catatan geologis meski industrialisasi baru mulai sekitar 300 tahun lalu.

Terlebih lagi, pemanasan global, jejak pertanian, penyebaran polutan sintetis juga jadi jejak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.