Kompas.com - 19/04/2018, 17:35 WIB
Ilustrasi peradaban awal di Bumi Ilustrasi peradaban awal di Bumi

KOMPAS.com - Manusia terus berusaha untuk mengembangkan teknologi agar bisa membentuk koloni di Mars atau Venus. Dengan kata lain, manusia berusaha membuat peradaban pertama di kedua planet tersebut.

Namun, bagaimana jika hal ini dikembalikan ke Bumi? Pernahkah terpikir oleh Anda, benarkah manusia yang melakukan peradaban pertama di Bumi?

Mungkin pertanyaan di atas terkesan aneh atau absurd. Tapi inilah yang menjadi eksperimen dan fokus sebuah makalah ilmiah terbaru yang ditulis oleh Adam Frank, seorang astrofisikawan dari University of Rochester dan Gavin Schmidt, direktur Institut Goddard NASA untuk Studi Luar Angkasa.

Mereka menamai laporan mereka "The Silurian Hypothesis". Nama ini terinspirasi dari ras reptil fiksi cerdas dalam serial fiksi ilmiah Doctor Who.