Kompas.com - 18/04/2018, 19:07 WIB
Perkumpulan Gurita di Kosta Rika Perkumpulan Gurita di Kosta Rika

KOMPAS.com - Gurita adalah makhluk solitera atu penyendiri. Jarang ditemukan gurita yang berkoloni atau tinggal bersama dengan gurita lain di suatu wilayah.

Namun, pemandangan langka ini baru saja terekam di lepas pantai Kosta Rika. sekitar 3 kilometer di bawah permukaan laut, ada beberapa induk gurita "berkumpul".

Hewan bertentakel dalam rekaman itu diperkirakan spesies baru. Tapi, jumlah dan lokasi mereka yang tak biasa membingungkan para peneliti.

Baca juga: 40.000 Kali Lebih Berat dari Jantan, Kenapa Gurita Betina Lebih Besar?

Mulanya, hewan ini ditemukan oleh salah stau tim geokimia saat menjelajah lereng gunung di dasar laut sepanjang 2 kilometer yang bernama Dorado Outcrop. Dengan kapal selam, tim ini awalnya ingin mengumpulkan sampel cairan panas yang bocor di dasar laut.

Uniknya, penemuan spesies gurita baru ini menjadi kejutan ketika mereka melakukan itu.

"Ketika saya pertama kali melihat foronya, saya merasa 'Tidak, mereka tidak serharusnya ada disana'. Lokasinya bukan laut dalam dan gurita biasanya tidak berkelompok dalam jumlah banyak," ujar Janet Voight, ahli zoologi dari Field Museum di Chicago dikutip dari Science Alert, Rabu (18/04/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersama dengan dua peneliti lain, Voight menganalisis lebih dari 230 jam video "pertemuan" para gurita tersebut. Mereka mencoba mengetahui apa yang para gurita tersebut lakukan bersama.

Setiap spesimen gurita dalam gambar tersebut seukuran piring makan, berwarna merah muda, dengan mata besar yang cocok dengan penghuni laut. Kemungkinan besar gurita ini masuk dalam genus Muusoctopus.

Kabar baiknya adalah semua gurita yang ditemukan tersebut berjenis kelamin betina. Ditambah lagi, mereka sedang meringkuk dan mengerami masing-masing selusin telurnya.

Namun, yang perlu jadi perhatian, gurita dari genus ini biasanya penyendiri. Jadi, ketika mereka ditemukan berkelompok hingga seratus individu seperti dalam rekaman, itu merupakan sebuah misteri besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X