Kompas.com - 04/04/2018, 17:06 WIB
Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto. Bidik layar Kompas TVKepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto.

KOMPAS.com - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, dokter Terawan Agus Putranto, dikenai sanksi berupa pemberhentian sementara oleh Ikatan Dokter Indonesia.

Akibatnya, izin praktiknya dicabut untuk sementara. Dia pun diberhentikan sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sejak tanggal 26 Februari 2018 hingga 25 Februari 2019.

Terawan disebut telah melakukan pelanggaran etika berat. Hal itu pun telah dibenarkan oleh Sekretaris Majelis Kehormatan Etik Kedokteran IDI (MKEK IDI) saat dikonfirmasi Kompas.com pada Rabu (4/4/2018).

Menanggapi pemberitaan tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo, berkata bahwa dia akan menerjunkan anak buahnya untuk mengkaji hal tersebut.

Kemenkes akan melihat terlebih dahulu pelanggaran etika oleh Terawan, apakah pelanggaran tersebut sudah sampai mengganggu pelayanan kesehatan atau masih sebatas tentang etika.

Baca juga : Mengenal Cuci Otak yang Bikin Dokter Terawan Diberhentikan MKEK IDI

"Kalau pelanggaran etika sampai berdampak pada pelayanan kesehatan, baru akan ditangani Biro Hukum," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh Kompas.com pada Rabu, (4/3/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila tidak berefek pada kesehatan, dia mempersilahkan permasalahan tersebut diselesaikan secara internal antara IDI dengan Terawan. Pasalnya itu terkait profesi dokter.

Kemenkes tidak akan ikut campur untuk permasalahan etika tersebut. Ranah Kemenkes adalah selama ditemukan kasus pelanggaran hukum oleh Terawan. "Kita akan panggil dokter Terawan jika ada pelanggaran hukum," imbuh Untung.

Namun tidak menutup kemungkinan bila diperlukan, akan dilakukan mediasi antara IDI dengan Terawan.

Untung pun mengaku belum menghubungi Terawan untuk memastikan pelanggaran yang dilakukan. Kendati demikian, dia menduga, Terawan akan melakukan banding atas apa yang disangkakan padanya. "Saya yakin Terawan akan banding," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.