Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Temukan Koin Yunani Kuno Berusia 1500 Tahun, Seperti Apa?

Kompas.com - 03/04/2018, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, para arkeolog mengumumkan bahwa mereka menemukan 115 koin perunggu kuno di bawah sisa-sisa reruntuhan rumah di kota Korintus, Yunani kuno.
Koin yang berusia sekitar 1.500 tahun tersebut ditemukan pada 2016 oleh Paul Scotton, ketua literatur komparatif dan klasik di California State University.

Mulanya, Scotton memimpin penggalian di Pelabuhan Lechaion, Korintus Kuno, Yunani. Para arkeolog menyebut temuan ini sebagai penanda tanggal penghancuran asli pelabuhan, sekitar tahun 600 masehi.

Michael Ierardi, seorang profesor klasik di Bridgewater State University, Massachusetts yang terlibat dalam penggalian ini memperkirakan koin tertua yang ditemukan berasal dari tahun 306 hingga 337. Sedangkan koin teranyar diperkirakan berasal dari tahun 491 hingga 518.

Menurut laporan Live Science, Senin (02/04/2018), koin-koin itu ditemukan hanya beberapa sentimeter dari permukaan tanah. Ini menjadikannya misteri, mengapa pemiliknya tidak kembali untuk mengambilnya.

Baca juga: Arkeolog Temukan Makam Kuno Milik Jenderal Dinasti Han

"Hal yang penting adalah bahwa ada sesuatu yang sangat dekat dengan permukaan modern," ungkap Scotton dikutip dari Newsweek, Senin (02/04/2018).

"Ada alasan mengapa pemiliknya tidak kembali," imbuhnya.

Menurut Scotton, koin-koin tersebut membuktikan bahwa pelabuhan itu telah hancur bekali-kali oleh bencana alam tapi dibangun kembali berkali-kali pula.

Sayangnya, pelabuhan ini tidak dibangun kembali setelah kerusakan yang terakhir. Itu menjadikan sebuah misteri lain.

"Apakah bencana pada waktu itu berbeda dari semua bencana yang sebelumnya ketika pelabuhan ini dibangun kembali," kata Scotton.

Selain koin, tim arkeolog tersebut juga menemukan dua basilika besar (bangunan yang populer pada kekaisaran Romawi Kuno). Mereka menduga bangunan tersebut dulunya adalah bangunan pemerintahan.

Satu basilika bertanggal akhir abad pertama hingga awal abad kedua. Sedangkan basilika yang lain kemungkinan bertanggal koloni Romawi awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com