Ilmuwan Berencana Bikin Robot Ukuran Nano untuk Obati Kanker

Kompas.com - 03/04/2018, 18:36 WIB
Ilustrasi nanorobot untuk pengobatan Ilustrasi nanorobot untuk pengobatan

KOMPAS.com — Pernahkah Anda membayangkan ada robot yang "berjalan-jalan" di dalam tubuh Anda? Ya, hal semacam ini memang telah lama diimpikan para ilmuwan, terutama untuk tujuan pengobatan.

Kabar baiknya, mimpi pengobatan dengan robot berukuran mini yang dimasukkan dalam tubuh semakin mendekati kenyataan.

Bulan lalu, para ilmuwan dari Pusat Ilmu dan Teknologi Nasional China (NCNT) dan Arizona State University, AS, mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan robot berukuran nanometer. Nantinya, dalam 1 meter terdapat jutaan robot nano.

Pembuatan robot berukuran nanometer ini ditujukan untuk perawatan kanker. Pada percobaan dengan tikus, ketika robot ini disuntikkan dalam aliran darah, mereka bisa menyusutkan tumor dengan menghalangi suplai darah.

Baca juga: Operasi Tumor Langka Pada Anak, Dokter Australia Gunakan Robot

Nanorobot ini dibuat dari lembaran DNA yang digulung hingga menjadi bentuk tabung dan berisi obat pembekuan darah. Pada bagian luarnya, para peneliti menempatkan molekul DNA kecil yang mengikat protein yang hanya ditemukan pada tumor.

Ketika robot mencapai tumor, molekul tersebut nantinya akan melekat pada protein. Hal ini memicu tabung DNA untuk membuka gulungannya dan melepaskan obat.

Inilah yang nantinya diharapkan bisa mengobati kanker dengan lebih baik.

Apalagi, pada kebanyakan obat kanker punya efek samping yang buruk karena tak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat.

Dengan adanya nanorobot ini, pengobatan kanker tepat pada tumor tanpa menganggu sel sehat. Para peneliti optimistis  cara ini menawarkan masa depan yang menjanjikan untuk perawatan kanker tanpa efek samping.

Guangjun Nie, salah satu profesor di NCNT yang mengembang nano robot ini, juga menyebut bahwa ini berbeda dengan robot yang dikembangkan kebanyakan. Robot ini mampu merasakan lingkungan mereka, menavigasi, dan melaksanakan tugas-tugas mekanis lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NBC News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X