Kompas.com - 02/04/2018, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kulit bunglon rupanya menginspirasi ilmuwan dari Universitas of North Carolina di Chapel Hill menciptakan bahan biomimetik yang digunakan untuk implan medis.

Bahan biomimetik adalah bahan yang desain dan sistemnya terinspirasi dari apa yang tersedia di alam.

Menurut laporan yang terbit di jurnal Science, Jumat (30/3/2018), bahan sintesis yang dibuat mirip seperti kulit bunglon itu memiliki sifat mekanik yang mirip dengan jaringan biologis.

Sejumlah jaringan seperti kulit, dinding usus, dan otot jantung memiliki karakteristik yang lembut namun kaku saat direntangkan. Bila tenaga medis menggunakan bahan sintetis yang mirip kulit bunglon, maka peradangan atau nekrosis usai bedah implan dapat diminimalkan.

Baca juga : Selain Berubah Warna, Bunglon Juga Bisa Bersinar di Bawah Sinar UV

Seperti kulit bunglon, bahan sintetis buatan para ilmuwan terasa lembut saat disentuh namun kaku saat direntangkan.

Menurut para peneliti, bahan sintetis dengan kombinasi tersebut belum pernah dikembangkan sebelumnya.

Selama ini, implan atau peralatan medis yang dibuat untuk mengganti struktur dan fungsi bagian biologis dibuat dengan bahan biomedis seperti titanium, silikon, atau apatit.

"Tubuh kita ini ibarat mobil tua yang terus menerus butuh suku cadang. Mengingat kita terus menua, kita memiliki kebutuhan yang mendesak terkait bahan yang lebih baik dan beragam untuk keperluan biomedis," kata Sergei Sheiko, profesor di departemen kimia dari Chapel Hill, dilansir Newsweek, Kamis (29/3/2018).

"Bahan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah bahan yang sangat mirip dengan mekanik jaringan hidup agar dapat mengurangi respons inflamasi (ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ, red) dan penolakan kekebalan," sambungnya.

Ia menambahkan, pembuatan bahan biomimetik dibuat dengan sangat teliti. Tujuannya agar tercipta bahan selembut jaringan otak dan sekuat kulit.

Mereka berusaha meniru protein pada kulit yang dikenal sebagai kolagen dan elastin dengan mengembangkan polimer (bahan yang terbuat dari rantai molekul yang panjang) dengan karkateristik lembut dan fleksibel.

Sebagai informasi, serat kolagen dapat membantu melawan deformasi atau perubahan bentuk dari yang baik menjadi kurang baik. Sementara elastin membantu menjaga kulit agar fleksibel dan kencang.