Kompas.com - 01/04/2018, 17:35 WIB
ilustrasi milkshake ilustrasi milkshake

KOMPAS.com — Berita kematian akibat serangan jantung mendadak kerap menghiasi media massa kita. Namun, siapa sangka milkshake bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Ya, minuman susu kocok yang mudah sekali ditemui itu menyimpan bahaya tersendiri bagi jantung Anda. Tentu ini memunculkan pertanyaan, bagaimana bisa milkshake berbahaya bagi tubuh?

Rupanya, meski seseorang yang sebelumnya diketahui tidak punya riwayat penyakit jantung, tapi ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sangat tinggi, sangat mungkin terjadi serangan jantung mendadak.

Bahkan, seketika itu (saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi) pula, orang bisa meregang nyawa.

Baca juga: Kisah dari Australia, Pria Ini Obati Serangan Jantung Sendirian

Mulanya, dugaan itu diperoleh lewat penelitian tentang milkshake yang dirilis dalam Jurnal Laboratory Investigastion pada Jumat (23/3/2018). Milkshake diketahui sebagai salah satu ragam makanan dan minuman yang kaya dengan lemak, bahkan cenderung berlebih.

Para peneliti menemukan adanya perubahan pembuluh darah dan bentuk sel darah merah sesaat setelah meminum milkshake. Ini tidak terlepas dari pengaruh lemak yang sangat tinggi dalam minuman tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, milkshake adalah minum kental yang terbuat dari susu, krim, dan es krim yang dikocok menjadi satu. Kandungan lemak di dalam segelas milkshake sekitar 80 gram, sedangkan kalorinya mencapai sekitar 1.000 kalori.

Untuk mendapat temuan tersebut, para peneliti merekrut 10 orang pria sehat. Mereka diminta meminum milkshake. Selanjutnya, darah para peserta diperiksa di laboratorium 4 jam sesudahnya.

Hasilnya, pembuluh darah para responden cenderung menegang atau menyempit. Anehnya, yang tak kalah mengagetkan, eritrosit (sel darah merah) yang seharusnya rata malah meruncing.

Para peneliti juga mengamati adanya peningkatan enzim myeloperoksidase pada pria-pria tersebut. Kadar enzim yang berlebih inilah yang membuat kekakuan pembuluh darah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.