Makam Kuno di Maroko Buktikan Silang Budaya Afrika Utara-Eropa

Kompas.com - 29/03/2018, 08:35 WIB
Fosil di Afrika Utara Fosil di Afrika Utara

KOMPAS.com - Penemuan peninggalan kuno oleh arkeolog biasanya menyingkap rahasia budaya masa lalu. Tak terkecuali yang ditemukan di Maroko.

Makam kuno di sebuah gua bernama Grotte des Pigeons, yang terletak di desa Taforalt timur laut Maroko tersebut menghasilkan bukti DNA manusia tertua di Afrika. DNA tersebut juga mengungkapkan pengetahuan baru tentang pergantian zaman pada masa tersebut.

DNA itu menunjukkan apa yang terjadi sekitar 15.000 tahun lalu. Ketika itu budaya yang digunakan adalah berburu dan meramu.

Ini dibuktikan dengan tanduk binatang dan perhiasa lain yang dikubur dalam gua.

Gua itu sendiri sebenarnya telah digali sejak 1940-an. Tapi, makam tersebut baru ditemukan pada 2006.

Baca juga: Arkeolog Temukan Makam Kuno Milik Jenderal Dinasti Han

Para peneliti yang menemukan makam tersebut menamai budaya tersebut sebagai Iberomaurusians, yaitu mencerminkan hubungan erat antara orang Afrika Utara dengan Eropa.

Para arkeolog menduga adanya migrasi dengan melintasi laut Mediterania dengan perahu atau jembatan darat dari Semenanjung Iberia atau Sisilia. Situs ini ditemukan membentang sepanjang Maghreb, daerah antara Pegunungan Atlas yang membentang di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Laut Mediterania.

Beberapa arkeolog berpendapat bahwa pisau kecil yang ditemukan di situs tersebut merupakan peralatan batu dari budaya Gravettian. Budaya Gravettian sendiri merupakan budaya yang tersebar di Eropa Selatan selama zaman Paleotik awal (sekitar 50.000 hingga 10.000 tahun lalu).

Kini, orang-orang Afrika Utara memiliki DNA Eropa dalam jumlah besar. DNA ini menceritakan kisah yang berbeda tentang asal-usul budaya Iberomaurusians.

Selama penggalian, yang dipimpin arkeolog dari Oxford University, mereka menyelamatkan bagian dalam petrosus tulang. Bagian tersebut merupakan sumber yang baik untuk DNA manusia purba.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X