Kompas.com - 29/03/2018, 07:05 WIB
Tandan pisang yang digunakan para peneliti Robin Zuluaga GallegoTandan pisang yang digunakan para peneliti

KOMPAS.com – Tandan pisang seringkali disia-siakan setelah diambil buahnya. Namun, mungkin kini saatnya Anda mengubah kebiasaan itu dan menyimpan tanda pisang untuk membuat es krim.

Pasalnya menurut para peneliti dari Universidad Pontificia Bolivariana di Kolombia, tandan pisang bermanfaat untuk menjaga es krim agar tidak mudah meleleh.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Robin Zuluaga Gallego menemukan hal ini dalam riset kolaborasi bersama peneliti dari University of Guelph di Kanada.

Mereka menghaluskan beberapa tandan pisang untuk diambil selulosa nanofiber-nya (CNF), sekumpulan fiber yang ribuan kali lebih tipis daripada rambut manusia.

Baca juga : Ilmuwan Jepang Ciptakan Es Krim yang Tidak Bisa Meleleh

CNF yang tidak berasa ini kemudian ditambahkan ke dalam campuran es krim pada konsentrasi antara 0 hingga 0,3 gram per 100 gram es krim untuk diamati efeknya.

Rupanya, CNF membuat sensitivitas es krim terhadap perubahan temperatur berkurang sehingga lebih lambat meleleh dibanding es krim biasa.

Selain itu, CNF juga ditemukan mampu menstabilkan struktur lemak pada es krim rendah lemak sehingga kekentalannya lebih tinggi. Ini membuat tekstur dan tingkat kelembutan es krim rendah lemak hampir sama dengan es krim biasa, walaupun kalorinya lebih rendah.

Dalam National Meeting & Exposition of the American Chemical Society ke-255, para peneliti yang mempresentasikan hasil riset mereka mengusulkan untuk menggunakan CNF sebagai pengganti lemak dalam es krim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber New Atlas
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.