Kompas.com - 23/03/2018, 19:04 WIB
Gajah Asia berukuran lebih kecil dibanding gajah Afrika. Google ImageGajah Asia berukuran lebih kecil dibanding gajah Afrika.

KOMPAS.com – Para peneliti dari Smithsonian Conservation Biology Institute (SCBI) terkejut. Gajah-gajah asia di Myanmar yang mereka pasangi GPS satu per satu mati dalam waktu yang singkat. Ketika diselidiki, mereka menemukan bangkai-bangkai gajah tak berkulit di seluruh penjuru hutan.

Rupanya, gajah-gajah ini adalah korban perburuan liar untuk diambil kulitnya.

Perburuan liar terhadap gajah sebenarnya bukan hal baru. Di Afrika, hal ini justru masalah besar karena sampai mengurangi jumlah populasi gajah di sana hingga tinggal 70 persen dalam tujuh tahun terakhir. Namun, mayoritas gajah di Afrika diburu untuk gadingnya.

Sementara itu, gajah Asia yang jarang memiliki gading (hanya 20-35 persen gajah Asia jantan yang punya gading) tidak seterancam saudara mereka di Afrika. Masalah terbesar mereka adalah hilangnya habitat yang memaksa gajah Asia untuk keluar dari hutan sehingga terlibat dalam konflik dengan manusia.