Kompas.com - 21/03/2018, 18:07 WIB
Graphene, bahan karbon atom-tebal, bertindak sebagai superkonduktor ketika dua lembar dilapisi pada sudut tertentu. Kredit: Desain Laguna / Getty graphene/ gettyimagesGraphene, bahan karbon atom-tebal, bertindak sebagai superkonduktor ketika dua lembar dilapisi pada sudut tertentu. Kredit: Desain Laguna / Getty

KOMPAS.com - Para peneliti China kembali membuat gebrakan. Kali ini, mereka menciptakan alat pendeteksi gas buatan berbahan dasar grafena yang menyamai kehebatan penciuman anjing.

Hidung anjing sangat tajam karena ada jutaan kapiler di indera penciumannya. Hal itu menginspirasi para peneliti untuk mengembangkan gulungan nano berbahan grafena yang lebih baik dari ciptaan sebelumnya.

Pasalnya, para peneliti berpendapat bahwa gulungan nano yang sudah ada sebelumnya sulit untuk diproduksi dan dikembangkan, serta boros energi.

Mereka pun memodifikasi grafena dengan bahan polimer atau natrium-p-stryrenesulfonate dengan cara pengeringan beku agar struktur bahan lebih seragam dan tidak pecah.

Baca Juga: Serat Karbon Bikin Beton Berpori Lebih Kuat dan Tahan Lama

Hasilnya telah diterbitkan dalam ACS Nano, jurnal sains bulanan milik American Chemical Society.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti dari South China Normal University dan Beihang University menjelaskan bahwa gulungan nano baru memiliki penampang besar mirip hidung anjing. Versi baru ini juga lebih stabil dan kuat pada suhu tinggi dan tahan lama.

Ketika dimasukkan ke dalam sensor gas, gulungan nano juga ditemukan meningkatkan selektivitas dan sensitivitas.

Metode ini juga dinilai berpotensi untuk diproduksi secara massal.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.