Minyak Esensial Bikin Payudara Pria Membesar, Ini Kata Peneliti

Kompas.com - 19/03/2018, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Seperti yang kita tahu, laki-laki tidak mengembangkan payudaranya seperti perempuan. Salah satu faktornya adalah hormon.

Namun, bagaimana jadinya jika laki-laki mengembangkan payudaranya seperti perempuan?

Inilah yang dialami oleh 3 anak laki-laki di Amerika Serikat. Peristiwa ini dilaporkan dalam New England Journal of Medicine pada 2007 lalu.

Saat itu Clifford Bloch, spesialis hormon anak di University of Colorado mencurigai adanya kaitan pembesaran payudara pada ketiga anak tersebut dengan minyak esensial.

Baca juga: Manfaat Aromaterapi untuk Ibu Hamil

Dirangkum dari laporan BBC pada 2007, hal itu Bloch temukan saat menanyai ketiganya. Dalam wawancaranya anak-anak tersebut menjelaskan bahwa mereka menggunakan produk minyak oles, shampo, dan lotion yang memiliki wangi lavender dan tea tree.

Anehnya, setelah mereka berhenti menggunakan produk tersebut, pertumbuhan jaringan payudaranya mereda.

Hal ini membuat para peneliti terus mengembangkan penelitiannya hingga sekarang.

Dalam temuan yang dipresentasikan minggu ini, para peneliti menemukan bukti tambahan. Bukti tersebut menegaskan bahwa minyak nabati (lavender dan tea tree) mengandung bahan kimia yang mampu mengganggu hormon manusia.

Hal ini menjadi pengingat bahwa meski ekstrak minyak ini alami tapi tidak selalu baik untuk manusia.

"Masyarakat kita menganggap minyak esensial aman," ungkap J. Tyler Ramsey, ahli biologi perkembangan yang terlibat dalam penelitian ini dikutip dari Science Alert, Senin (19/03/2018).

"Namun, minyak tersebut memiliki jumlah bahan kimia yang beragam dan harus digunakan dengan hati-hati karena bahan tersebut merupakan penghambat potensial endokrin," imbuh pria yang bekerja di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) itu.

Minyak esensial sendiri merupakan saripati kimiawi tanaman. Biasanya, senyawa ini ditemukan pada berbagai jenis produk konsumen, mulai dari sabun, minyak aromaterapi, hingga cairan perawatan medis.

Ahli biologi perkembangan NIEHS, Kenneth Korach, melakukan penelitian yang mengangkat isu ini sekitar 10 tahun lalu. Ia menemukan bahwa minyak lavender dan teatree memang mengandung bahan kimia yang meniru esterogen dan menghambat testosteron.