Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2018, 18:05 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menindaklanjuti temuan mikroplastik dalam air kemasan Aqua dan Nestle. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo, kepada Kompas.com melalui pesan singkat pada Jumat (16/3/2018).

"Kemenkes akan melakukan pengkajian mendalam (terkait kasus mikroplastik tersebut)," ujarnya.

Penelitian tersebut untuk memastikan sumber mikroplastik. Mikroplastik kemungkinan terbawa dari sumber air atau kemasan botol.

Temuan mikroplastik ini juga akan dikoordinasikan ke BPOM. "Jelas kami akan koordinasikan dengan BPOM. Sebab pengawasan di sana," imbuh Untung.

Baca juga : Ahli Temukan Air di Botol Aqua dan Nestle Mengandung Partikel Plastik

Selain itu, dampak mikroplastik ke manusia juga akan diteliti. Pasalnya, hingga saat ini belum ditemukan penelitian yang menyeluruh tentang hal tersebut. Di samping itu, Kemenkes tetap akan terus mencari penelitian tentang bahaya mikroplastik ke tubuh.

Kemarin, Kamis (15/3/2018), publik diramaikan dengan berita air kemasan terkontaminasi partikel plastik berukuran mikro. Kasus ini mencuat setelah penelitian oleh State University of New York dan Orb Media Network dirilis.

Penelitian tersebut mengambil sampel 259 botol air minum dari 11 merk lokal dan internasional. Secara mengejutkan, keseluruhan merek tercemar mikroplastik. Merek Danone Aqua dan Nestle Pure Life yang diedarkan di Indonesia pun diketahui mengandung mikroplastik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com