Rasa Empati Manusia Dibentuk, Bukan Diturunkan secara Genetik

Monika Novena,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Empati, kemampuan untuk berbagi dan memahami orang lain bukan diturunkan secara genetik oleh leluhur kita.

Studi yang pernah dilakukan mengenai genetik dasar empati, hanya menemukan 10 persen variasi gen yang terkait dengan welas asih dan pemahaman soal akan kondisi emosional seseorang.

Artinya memiliki rasa empati merupakan hasil bentukan yang berdasarkan pada faktor sosial, seperti pola asuh dan lingkungan.

Baca juga : Kekurangan Hormon Cinta Bikin Hati Kurang Empati

Untuk mencapai konklusi tersebut, tim dari Universitas Cambrige bekerja dengan perusahan genetika 23andMe untuk mengambil sampel DNA dari 46.000 orang dan meminta mereka untuk melengkapi kuisioner untuk mengukur tingkat empati yang dikenal dengan Empathy quotient (EQ).

Mereka kemudian membandingkan data genetik dengan skor EQ untuk menentukan seberapa besar keterkaitan empati dengan gen.

"Ini merupakan langkah penting untuk memahami bagaimana gen berperan dalam membentuk empati seseorang. Termasuk juga memahami faktor non-genetik lain yang mempengaruhi empati," kata Varun Warrier, peneliti dari Universitas Cambrige yang memimpin penelitian ini.

Meski sudah berhasil menunjukkan peran gen pada rasa empati namun tim peneliti mengakui belum dapat mengidentifikasi secara spesifik gen mana yang terlibat menciptakakan empati tersebut.