Kompas.com - 13/03/2018, 08:06 WIB
Sariawan p_saranyaSariawan

KOMPAS.com - Ketika tengah sariawan, pernahkah Anda disarankan untuk mengobatinya dengan cabai rawit? Di kalangan masyarakat memang berkembang kebiasaan untuk menempelkan atau “menyeploskan” cabai rawit ke luka sariawan.

Namun, Rahmi Amtha selaku Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia menyatakan bahwa menempelkan cabai rawit untuk mengobati sariawan hanyalah mitos.  

Cabai rawit memang mengandung kapsaisin yang berguna sebagai antioksidan. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin C.

Kedua kandungan ini memang bisa menyembuhkan sariawan dengan memperbaiki jaringan bawah mulut, tetapi belum ada bukti ilmiah yang menguatkan kebiasaan menempelkan cabai untuk mengobati sariawan.

Baca juga : Alami Sariawan, Obat Kumur Ternyata Bisa Jadi Obat Mujarab

“Ada jurnal yang bilang kalau kapsaisin bisa untuk sembuhkan sariawan. Namun, itu tidak menjadi pengobatan yang dikomersilkan karena kapsaisin di satu sisi juga menimbulkan efek membakar cukup kuat,” ujarnya di sela-sela temu media yang digelar Mundipharma Indonesia, di Jakarta, pada Jumat (9/3/2018).

Rahmi berkata bahwa kapsaisin justru bisa memperparah sariawan karena sensasi pedas yang ditimbulkan. Efek pedas tersebut akan mengiritasi rongga mulut dan membuat jaringan di bawah mulut terbakar sehingga timbul peradangan.

Oleh karena itu, masyarakat yang sedang sariawan sebaiknya menghindari makanan pedas, kata Rahmi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X