Dukung Kiprah Perempuan, 45 Persen Peneliti LIPI Kaum Hawa

Kompas.com - 10/03/2018, 18:06 WIB
Enny Sudarmonowati (kanan) Shela Kusumaningtyas/Kompas.comEnny Sudarmonowati (kanan)

KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mendukung kiprah perempuan di bidang riset. Hal ini dibuktikan dengan hampir 45 persen peneliti LIPI merupakan kaum hawa.

Enny Sudarmonowati, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI mengungkapkan, peneliti yang ada di LIPI mencapai 1750. Dari jumlah tersebut, 779 di antaranya merupakan perempuan.

Perempuan juga menduduki jabatan strategis di LIPI. Enny menjadi salah satu dari dua perempuan yang mengemban posisi deputi di LIPI.

Enny bahkan digadang-gadang menjadi ketua LIPI berikutnya. Jika Enny terpilih, dia akan mengukir sejarah baru di LIPI sebagai perempuan pertama yang didapuk sebagai kepala LIPI.

Baca juga : LIPI Targetkan Rilis Indeks Kesehatan Mangrove dan Lamun pada 2019

Beberapa satuan kerja di LIPI juga dipimpin perempuan, misalnya Pusat Penelitian Kependudukan, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Pusat Perkembangan IPTEK, Pusat Penelitian Fisika, Pusat Dokumentasi Ilmiah, Balai Media dan Reproduksi LIPI, dan Biro Kerjasama Hukum dan Humas.

Apa rahasianya?

Menurut Enny, laki-laki atau perempuan yang bekerja di LIPI tidak dibedakan. Keduanya sama-sama didorong untuk menghasilkan karya. Kendati demikian, perempuan cenderung punya minat besar terhadap ilmu pengetahuan dan dianggap punya tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibanding laki-laki.

“Misalnya, di bidang genetika molekuler atau mikrobiologi. Banyak perempuan di sana. Perempuan biasanya lebih tekun dan teliti meneliti hal-hal kecil. Kalau yang kecil-kecil atau kaitannya dengan mikroskop banyak perempuan,” kata Enny dalam acara peringatan hari perempuan sedunia di LIPI, Jakarta, pada Kamis (8/3/2018).