Terhalang Lapisan Es, Ekspedisi Dunia Tersembunyi Antartika Gagal

Kompas.com - 07/03/2018, 07:07 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -- Dasar laut Antartika menyimpan sejumlah misteri. Selama 120.000 tahun lamanya, dasar laut tersebut diselubungi es tebal. Namun, pencairan es yang berpotensi mengubah ekosistem bawah laut ini memaksa para ilmuwan untuk segera menyelidiknya.

Tim peneliti yang merupakan gabungan dari sembilan kelompok peneliti kutub di Australia dan Eropa pun segera berangkat ke sana. Sayangnya, para peneliti menemui ganjalan.

British Antarctic Survey (BAS) mengumumkan pada hari Jumat (2/3/2018) bahwa di tengah perjalanan, para peneliti terpaksa berbalik arah ke utara lantaran lapisan es setebal lima meter menghalangi langkah mereka menuju paparan es Larsen C bagian selatan. Es setebal itu membuat kapal hanya bisa melaju beberapa mil sehari.

“Kami mengerti mengarungi lautan es untuk sampai ke Larsen C itu sulit. Kecewa itu pasti karena tidak berhasil ke sana. Namun, keamanan tetap yang utama,” ujar Katrin Linse, ketua ekspedisi BAS sekaligus pakar biologi kelautan, seperti yang dilansir dari Live Science pada Senin (5/3/2018).