Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Kompas.com - 06/03/2018, 19:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami hujan lebat. Fenomena ini akan terjadi pada Rabu (07/03/2018) hingga Sabtu (10/03/2018).

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (06/03/2018), BMKG juga menyebut bahwa hal ini terlihat dari kondisi atmosfer saat ini hingga beberapa hari ke depan yang mengindikasikan peningkatan potensi hujan lebat. Hal ini ditandai dan terdeteksi dengan adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia," tulis Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo,M.Sc, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Baca juga: Sirkulasi Siklonik Picu Cuaca Buruk, Indonesia Waspada 3 Hari ke Depan

Wilayah yang diperkirakan mengalami hujan lebat di antaranya adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Cuaca ekstrem ini juga diperkirakan bisa menyebabkan banjir dan longsor di beberapa wilayah. Oleh karena itu, BMKG memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat.

"(Masyarakat diminta) waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor," tulis keterangan pers tersebut.

"Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh," sambungnya.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan agar masyarakat tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com