Spesies Baru “Hewan Abadi” Ditemukan di Lapangan Parkir Jepang

Kompas.com - 05/03/2018, 19:33 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Tardigrada mungkin adalah hewan paling luar biasa di bumi ini. Walaupun bertubuh mikroskopis, makhluk ini hampir tidak dapat dihancurkan, bahkan di luar angkasa sekalipun.

Baru-baru ini, seorang peneliti Jepang Kazuharu Arakawa dari Universitas Keio menemukan spesies baru hewan abadi ini.

Arakawa yang menyewa sebuah apartemen di kota Tsuruoka mengambil beberapa sampel lumut dari lapangan parkir gedung tersebut untuk mengamati tardigrada.

Perlu diketahui, tardigrada memang biasanya hidup di lumut dan sampah-sampah daun.

Baca juga : Inilah Hewan yang Akan Ada di Bumi sampai Kiamat

Pengamatan di laboratorium kemudian menunjukkan adanya 10 metazoan hidup di dalam sampel yang diambil oleh Arakawa. Mereka kemudian dipisahkan dan dipindahkan ke kultur menjadi lima pasang.

Hasilnya yang kemudian dikonfirmasikan oleh analisis genomik menunjukkan bahwa salah satu dari kelima pasangan adalah spesies tardigrada baru, yakni Macrobiotus shoanicus. Temuan ini sekaligus menjadi spesies tardigrada ke-168 yang diidentifikasikan di Jepang.

Daniel Stec et al Telur M. shonaicus

Berdasarkan bentuk telurnya yang memiliki permukaan padat dan filamen yang fleksibel, M shoanicus tergolong dalam kelompok Macrobiotus hufelandi. Seperti Macrobiotus lainnya, M shoanicus juga karnivora dan memakan rotifer.