Pakai Kondom Bikin Tak Nyaman, Benarkah?

Kompas.com - 28/02/2018, 17:03 WIB
Ilustrasi kondom Mukhina1Ilustrasi kondom

KOMPAS.com - Pasangan suami istri kadang memakai kondom saat berhubungan intim demi menunda dapat momongan.

Cara ini disebut sebagai alternatif yang paling simpel dibanding pencegahan kehamilan yang lain.

Meski demikian, kondom diduga sebabkan sulit ereksi. Dalam pembahasan di berbagai forum, banyak pria mengeluh sulit ereksi saat memakai kondom di tengah aktivitas seks.

Terkait hal tersebut, dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena konsentrasi teralihkan saat sedang menggunakan kondom.

Baca juga : Bagaimana Seks Tanpa Kondom Mengganggu Vagina?

"Akibatnya ereksi menurun. Apalagi bagi yang tidak terbiasa menggunakan kondom. Untuk itu pasangan harus memulai merangsang lagi agar tercapai ereksi," kata Boyke kepada Kompas.com, Selasa (28/2/2018).

Menurut dr. Boyke, masalah ereksi ini bisa diatasi pasangan dengan tetap saling memberikan stimulus saat kondom dipakai.

Selain itu, banyak pula yang mengaku kondom membuat hubungan seksual menjadi kurang memuaskan dan tidak nyaman. Apalagi beberapa wanita mengeluh merasa perih saat pasangannya memakai kondom.

Boyke berkata, rasa perih itu muncul karena dipicu oleh pelumas yang terdapat pada kondom.

"Memang sih tidak semua wanita sensitif terhadap pelumas kondom. Sebab itu, carilah merek kondom yang cocok, yang tidak menimbulkan reaksi perih atau alergi pada pasangannya," saran Boyke.

Baca juga : Awas, Seks Oral Bisa Memicu Kanker Lidah, Mulut, dan Tenggorokan

Pelumas pada kondom hanya berpengaruh bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Ia pun membantah mitos yang menyebut saat berhubungan intim menggunakan kondom akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi perempuan.

"Kalau sakit setelah berhubungan intim, itu bukan karena kondom tetapi bisa karena infeksi, menopause, dan lain-lain," jelasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X