Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Pria Gendong "Komodo" di 9GAG, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 27/02/2018, 07:27 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video yang dibagikan oleh akun instagram @9gag tiba-tiba viral. Itu karena dalam video tersebut terlihat seorang pria menggendong hewan yang mirip dengan komodo.

"(Ku)pikir mereka bilang komodo sangat mematikan," tulis akun @9gag dalam caption/keterangan video tersebut.

Sontak pengguna internet langsung riuh menanggapi video yang sebenarnya diambil oleh pemilik akun @therealtarzann. Bahkan hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah dilihat lebih dari 4 juta kali dan mendapat lebih dari 12.000 komentar.

Lalu benarkah hewan dalam video tersebut adalah komodo?

Baca juga: Indonesia Dapat Panda, China Tertarik Komodo

Sebenarnya, jika diperhatikan secara saksama, pria dalam video tersebut tidak menyebut bahwa hewan yang digendongnya adalah komodo. Dia menyebutnya Salvator black dragon dari Indonesia, salah satu dari tiga reptil paling besar di dunia.

Pria tersebut juga menjelaskan bahwa reptil yang paling besar di dunia adalah komodo, kedua adalah buaya modern, dan ketiga adalah biawak air Asia yang digendongnya.

Meski begitu, keterangan video dari @9gag terlanjur membuat sensasi. Bahkan, sesaat setelah video tersebut menjadi perbincangan publik, akun instagram resmi miliki Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan komentarnya.

"Itu bukan komodo tapi black dragon atau biawak air Asia," komentar akun @Kementerianlhk.

Dalam instastory-nya, akun tersebut juga menyebut bahwa ukuran biawak air asia (Varanus salvator) dan komodo sangat mirip.

"Ciri khas komodo bisa dilihat dari lidah yang berwarna merah muda/pink," tulis akun tersebut sebagai keterangan tambahan.

Amir Hamidy, seorang herpetolog atau ahli reptil dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga membenarkan keterangan dari akun milik pihak kementerian tersebut.

"Untuk seukuran segitu dan montok mah sudah biasa yang dipiara, biawak air ataupun Varanus salvator juga bisa menjadi ukuran segitu dan montok," kata Amir saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/02/2018).

Menurut Amir, bawak tersebut juga diperkirakan mengalami obesitas alias kegemukan karean ukurannya yang sangat besar.

"Untuk komodo, warnanya terlalu hitam banget," jawab Amir ketika ditanya perbedaan mencolok antara komodo dan biawak air Asia.

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Komodo Akan Menggigit Kita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com