Kompas.com - 26/02/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com -- Selama ini, peneliti mengira kandungan air yang terdapat di bulan tidak banyak.

Pasalnya, berdasarkan penelitian terdahulu diketahui bahwa kandungan air di bulan jumlahnya tidak tetap pada malam ataupun siang hari. Dulu, peneliti menduga air di bulan hilang karena pergerakan tiap 1 hari Lunar (29,5 hari di Bumi). Ternyata, dugaan tersebut salah.

Rupanya, di bawah permukaan bulan tersimpan pasokan air dalam jumlah besar. Temuan ini menumbangkan pemikiran soal air hanya terbentuk di kutub bulan, dan jumlahnya pun tidak berkurang baik pada siang maupun malam.

“Kami menemukan bahwa sinyal air selalu terlihat, mau jam berapapun, atau pada lintang berapapun melihatnya,” ujar Joshua Bandfield, ilmuwan senior dari Space Science Institute, sekaligus ketua peneliti, seperti dikutip dari Phys.org pada Senin (26/2/2018).

Baca juga : Belum Tinggal di Bulan, Manusia Sudah Tinggalkan 187.400 Kg Sampah

“Kemunculan air sepertinya tidak bergantung pada komposisi permukaan. Airnya  selalu di sana,” imbuhnya.

Akan tetapi, seperti yang dimuat dalam jurnal Nature Geoscience, air yang bersembunyi di bawah permukaan bulan diduga berbentuk OH (molekul hidroksil reaktif) yang lebih reaktif dibanding H2O.

Hal ini membuat air bulan suka menempelkan dirinya ke mineral yang ada di sekitarnya dan lebih sulit diambil.