Kompas.com - 26/02/2018, 19:23 WIB

KOMPAS.com -  Selama ini kita hanya mengetahui bahwa sperma tersusun atas kepala serta struktur ekor. Lewat publikasi riset terbaru, peneliti dari Universitas Gotenburg di Swedia dan Universitas Colorado mengungkapkan adanya bagian tersembunyi pada sperma.

Bagian tersembunyi itu berbentuk spiral, menyerupai ujung cambuk. Diberitakan Science Alert, Senin 926/2/2018), peneliti meyakini bahwa struktur ini menentukan lambat cepatnya sperma bergerak menemukan sel telur.

Ujung cambuk itu diketahui setelah para peneliti mengamati sperma menggunakan mikroskop elektron yang dipadukan dengan metode CT Scan. Berbeda dengan penelitian terdahulu yang menggunakan pendekatan kajian organisme mikroskopis.

Metode baru yang disebut cryogenic electron tomography itu memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan detil. Selain bisa melihat dalam skala nanometer, metode tersebut juga menghasilkan citra tiga dimensi.

“Sel sperma memadat dalam es - tanpa bantuan bahan kimia, bagian dalam bisa terlihat - bahkan protein tunggal dalam sel itu bisa terlihat," kata ahli biologi molekuler dari Gotenburg, Johanna Goog.

Baca juga : Bagaimana Cara Sperma Berenang Menuju Sel Telur?

Selama ini, telah diketahui bahwa ekor sperma terdiri atas batang-batang mikroskopis yang disebut mikrotubulus. Pada bagian tengah ekor, terdapat mitokondria yang berfungsi untuk menghasilkan energi guna gerak sperma.

Untuk bergerak, sperma melibatkan mitokondria serta protein-protein yang berfungsi membantu gerakan. “Pergerakan ribuan motorprotein harus saling bersesuaian supaya sel sperma bisa berenang,” ujar Hoog.

Ujung ekor sperma oleh peneliti dinamai Tail Anxome Intra-Lumenal Spiral atau TAILS.

“Kami yakin, spiral ini adalah penahan mikrotubula. Struktur berulir ini akan mengontrol mikrotubula tidak mengembang dan menyusut sendiri. Dengan demikian, energi pada sperma lebih tercurahkan dan fokus untuk berenang menuju sel telur,” jelas Davide Zoo, ketua peneliti.

Para peneliti menduga bahwa yang menjadi pengendali arah saat sperma berenang  adalah struktur unik spiral itu. Selain itu, struktur tersebut membantu sperma berenang lebih kencang.

Pekerjaan lain yang menunggu peneliti adalah menyingkap fungsi sebenarnya struktur ulir pada ekor sperma. Bila pertanyaan ini terjawab, para ahli bisa memecahkan masalah kesuburan pria.

Baca juga : Pakai Sperma, Inilah Cara Baru Obati Kanker Serviks

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.