Kompas.com - 23/02/2018, 20:17 WIB

Kelawa

KOMPAS.comKelelawar drakula yang hanya makan darah memang menyeramkan. Namun, adaptasi dan evolusinya ternyata mengagumkan.

Penelitian menunjukkan, DNA dan mikrobioma (mikroba yang bersimbiosis dalam tubuh) kelelawar menyesuaikan dengan pola makan.

Hal ini menjadikan kelelawar drakula berbeda dengan kelelawar jenis lain yang umumnya hanya makan sari bunga, buah, dan serangga.

Sebenarnya, ukuran genom kelelawar drakula mirip dengan kelelawar lainnya, tetapi genom itu mempunyai banyak "gen lompat", gen yang menurut ilmuwan tidak pada posisi seharusnya.

Perubahan itu memengaruhi kekebalan tubuh, pertahanan virus, dan metabolisme lemak dan vitamin. Hal ini memainkan peran kunci dalam evolusi pola makan pada kelelawar drakula.

Jenis-jenis mikrobioma pada kelelawar drakula juga jauh berbeda dengan kelelawar umumnya dan itu memengaruhi kekebalan tubuh.