Kompas.com - 13/02/2018, 09:03 WIB
Ilustrasi buaya Thinkstockphotos.comIlustrasi buaya

KOMPAS.com — Lebih dari 10.000 spesies reptil dari berbagai macam bentuk dan perilaku ada di bumi.

Menariknya, reptil memiliki aneka macam organ kawin yang aneh untuk berkembang biak. Ada yang memiliki beberapa penis, ada yang sama sekali tidak memiliki penis, dan ada juga yang selalu ereksi.

Reptil dengan dua alat kelamin sekaligus

Reptil yang memiliki lebih dari satu penis adalah ular dan kadal. Pada spesies jantan, organ seksualnya disebut hemipenis dan mereka memiliki dua hemipenis sekaligus.

Peneliti asal Universitas Sydney, Christopher Friesen, berkata bahwa dua hemipenis tersebut bermanfaat bagi spesies jantan saat perkawinan.

Baca juga: Studi Baru Setuju, Moyang Ular Berkaki dan Hidup di Balik Tanah

"Dalam kasus ular garter yang telah saya pelajari, satu hemipenis berfungsi melakukan perkawinan dengan ular betina, sementara hemipenis lain untuk kompetisi kawin yang intens," ujar Friesen dilansir dari National Geographic, Jumat (9/2/2018).

Dalam dunia ular, Friesen menyebut ada yang dinamakan keadaan agregasi kawin besar, di mana 5 dari 100 ular jantan bersaing mendapatkan satu betina.

Organ kelamin pada ular dan kadal disebut hemipenis. Mereka memiliki dua alat kelamin sekaligus. Ini adalah dua hemipen seekor kobra Cape jantan (Naja nivea) di Afrika Selatan. Organ kelamin pada ular dan kadal disebut hemipenis. Mereka memiliki dua alat kelamin sekaligus. Ini adalah dua hemipen seekor kobra Cape jantan (Naja nivea) di Afrika Selatan.

Rupanya, tidak hanya pejantan yang memiliki kelamin ganda. Hal yang sama juga dimiliki ular dan kadal betina. Mereka memiliki dua klitoris atau hemisilitor.

Berbeda dengan hemipenis, fungsi hemisilitor masih belum diketahui. Soledad Valdecantos dan Fernando Lobo dari Universidad Nacional de Salta, Argentina, melaporkan dalam penelitian 2014 bahwa itu adalah ciri khas yang dimiliki kadal dan ular betina.

Reptil tak berpenis