Pertama dalam Sejarah, Ilmuwan Kembangkan Sel Telur di Laboratorium

Kompas.com - 10/02/2018, 19:35 WIB
Ilmuwan kembangkan telur manusia di laboratorium Ilmuwan kembangkan telur manusia di laboratorium

KOMPAS.com - Sel telur manusia biasanya berkembang di jaringan ovarium wanita. Tapi kali ini, para ilmuwan berhasil mengenmbangkan telur manusia di laboratorium.

Tak hanya pada tahap awal saja, telur manusia yang dikembangkan ini tumbuh hingga tahap matang penuh di laboratorium.

Temuan ini menjanjikan sebuah solusi bagi wanita yang mengalami ketidaksuburan. Terutama bagi pasien kanker yang terganggu kesuburannya.

Pasien kanker perempuan yang harus menerima kemoterapi biasanya mendapatkan efek ketidaksuburan. Bahkan, pasien anak-anak yang menerima kemoterapi biasanya tidak mengalami pubertas atau memproduksi sel telur matang.

Baca juga: Bagaimana Cara Sperma Berenang Menuju Sel Telur?

Bisa saja mereka mengambil sepotong kecil jaringan ovarium untuk nantinya ditanamkan kembali di tubuh. Sayangnya, metode ini cukup berisiko karena transplantasi bisa membawa kembali sel kanker.

"Ini bisa mengubah perawatan kesuburan yang kita ketahui selama ini," ungkap Mindy Christianson, ahli kesuburan di Johns Hopkins University dikutip dari National Geographic, Jumat (09/02/2018).

Tak hanya berguna untuk kesuburan wanita, temuan ini juga dipercaya sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi bagaimana telur manusia berkembang. Hal tersebut hingga saat ini masih menjadi tanda tanya besar di dunia ilmu pengetahuan.

Perempuan dilahirkan dengan sel telur yang belum matang di indung telur mereka. Kemudian, mereka akan mengalami pubertas yang mebuat telur tersebut berkembang hingga matang.

Meski berhasil dikembangkan, telur ini belum dibuahi. Jika nantinya, telur ini berhasil dibuahi maka ini merupakan sebuah kemajuan besar dalam dunia ilmu pengetahuan.

"Sangat menyenangkan untuk mendapatkan bukti prinsipil bahwa sangat mungkin untuk mencapai tahap ini pada jaringan manusia," ungkap Profesor Evelyn Telfer, salah satu peneliti dikutip dari BBC, Jumat (09/02/2018).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X