Kompas.com - 09/02/2018, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Sejak zaman dulu, emas merupakan logam mulia yang berharga bagi manusia. Selain menjadi perhiasan, emas juga dijadikan barang investasi.

Emas sendiri berasal dari bintang mati yang jauh dari bumi. Para ilmuwan memperkirakan emas berasal dari supernova yang membombardir bumi sekitar 200 juta tahun lalu. Tapi kini emas dapat diciptakan manusia.

Seperti diberitakan KOMPAS.com sebelumnya, saat ini tim peneliti Internasional sedang mengembangkan tambang emas dari limbah elektronik. Mereka menemukan bakteri yang dapat mengambil jejak emas dalam limbah elektronik dan mengubahnya menjadi emas.

Menurut associate professor dari University of Adelaide, Frank Reith, temuan ini akan sangat berarti bagi perusahaan tambang. Teknik yang dilakukannya diklaim tak akan memberi dampak negatif bagi kesehatan, komunitas, atau lingkungan.