Kompas.com - 08/02/2018, 16:10 WIB
Vaksin Flu GovTechVaksin Flu

CIREBON, KOMPAS.com -Secara umum, vaksin tidak berbahaya. Namun pemberian vaksin tertentu pada orang-orang tertentu harus hati-hati.

"Untuk vaksin influenza, tidak diperbolehkan bagi orang alergi telur," ujar Mahsun Muhammadi, dokter yang menjabat Kepala Bagian Manajemen Mutu Unit Klinik dan Imunisasi Biofarma di Media Gathering Biofarma pada Kamis (8/2/2018) di Cirebon, Jawa Barat.

Pasalnya, media yang dipakai untuk menumbuhkan virus influenza adalah telur ayam. Ditakutkan, vaksin influenza akan menimbulkan gejala alergi seperti gatal dan bentol.

Dokter akan menimbang risiko pemberian vaksin influenza kepada orang alergi telur.

Manfaat dari vaksin influenza akan ditinjau dulu tergantung tingkat kedaruratannya. Sejauh ini, vaksin infuenza masih belum diwajibkan kepada masyarakat. Periode pemberian vaksin pun jangka waktunya setahun sekali.

"Kalau risiko tinggi misalnya dalam kondisi pandemi influenza, orang alergi telur sebaiknya divaksin di rumah sakit," ujar Mahsun.

Baca juga : Sering Wisata ke Luar Negeri? Anda Perlu Vaksin Flu Segera

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang alergi flu jangann memilih vaksinasi flu di klinik kesehatan, utamakan di rumah sakit. Tujuannya adalah apabila terjadi alergi, lebih cepat ditangani. Reaksi alergi itu sendiri umumnya akan muncul 30 menit berselang setelah divaksinasi.

Sebab vaksin Kurang Efektif

Vaksin disimpan dalam cold storage dan memiliki jangka waktu tertentu untuk digunakan.

Dinas Kesehatan Cirebon telah memiliki cold storage vaksin berstandar dunia. Namun di sejumlah Indonesia, penyimpanan belum memenuhi kualitas.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.