Kompas.com - 06/02/2018, 17:44 WIB
C. yingi C. yingi
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan bentuk tubuh laba-laba? Jika diperhatikan, serangga yang satu ini tidak memiliki ekor.

Namun, fosil yang ditemukan di Myanmar baru-baru ini menunjukkan bentuk makhluk mirip laba-laba yang aneh. Pasalnya, fosil tersebut memiliki ekor yang panjang.

Uniknya, makhluk ini terbungkus resin pohon yang diperkirakan berusia 100 juta tahun lalu. Dengan kata lain, fosil aneh ini berasal dari pertengahan Zaman Kapur.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa keluarga arakhnida (laba-laba) sudah menjelajahi bumi setidaknya selama 280 juta tahun.

Baca juga: Fosil Hidup, Laba-Laba dari 50 Juta Tahun Lalu Ini Bermulut seperti Pelikan

Sayangnya, para ilmuwan hingga kini masih belum sepakat menempatkannya di bagian bagain evolusi mana. Hal ini terutama karena ekor panjang yang dimilikinya tidak sesuai jika ditempatkan pada keluarga laba-laba.

Fosil yang diberi nama Chimerarachne yingi ini sebetulnya memiliki banyak ciri yang mirip dengan laba-laba modern. Sebut saja ciri seperti delapan kaki, dua pedipalpus (alat capit) pada jantan, taring, dan pemintal benang juga dimiliki oleh fosil ini.

Meski punya banyak ciri mirip dengan laba-laba modern, fosil ini punya ekor panjang berukuran 3 milimeter. Inilah yang membedakannya dengan laba-laba modern.

Menurut para peneliti, ekor ini digunakan untuk pengindraan.

"Ekor tersebut cenderung berfungsi seperti anterna," ungkap Paul Selden, ahli paleontologi dan arachnologist (ahli laba-laba) dari University of Kansas, AS dikutip dari Science Alert, Senin (05/01/2018).

"Ekor ini untuk merasakan lingkungan. Hewan yang punya ekor panjang cenderung memilikinya untuk tujuan indrawi," imbuhnya.