Kompas.com - 04/02/2018, 12:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Salah satu berita medis terbesar pada tahun lalu adalah keberhasilan Dr John Zhang di New Hope Fertility Center, New York dalam membantu menciptakan bayi tiga orangtua.

Kini, keberhasilan itu akan direplikasikan di Inggris. Otoritas Fertilisasi Manusia dan Embriologi Inggris HFEA telah mengizinkan para dokter untuk melakukan terapi donasi mitokondria pada dua wanita sekaligus.

Prosedur tersebut akan diawasi oleh profesor biologi reproduksi Mary Hebert dan dilakukan di Newcastle Fertility Centre.

Menurut komite HFEA, dua wanita tersebut dipilih karena memiliki mutasi gen mitokondria yang menyebabkan kondisi langka yang disebut sindrom Myclonic Epilepsy with Ragged Red Fibers (MERRF).

Baca juga : Teknik Kontroversial Pembuatan Bayi dari 3 Orangtua Kandung Terungkap

MERRF adalah penyakit langka yang memengaruhi sistem saraf, otot, dan sistem tubuh lainnya. Penyakit ini ditandai dengan kejang-kejang di area lengan, kaki, atau seluruh tubuh. Penderita MEERF juga mengalami kelemahan otot (myopathy), terganggunya koordinasi gerakan (ataxia), dan penurunan fungsi intelektual (demensia).

Nah, karena mitokondria diturunkan dari ibu ke anak, prosedur in vitro fertilization (IVF) biasa tidak akan bisa menghentikan penurunan mutasi MERRF.

HFEA dan para dokter berharap agar teknik baru ini dapat membantu kedua wanita untuk memiliki anak biologis tanpa menurunkan mutasi tersebut.

“Ini adalah prosedur yang baik. MERRF adalah penyakit yang sangat melumpuhkan. Ini adalah satu-satunya cara pasti untuk tidak menurunkannya,” kata Salvatore DiMauro, pakar penyakit mitokondria di Columbia University, New York.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Futurism
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.