Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari Akan Jadi Bulan Tanpa Purnama, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 02/02/2018, 12:05 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com -- Bulan Januari dipenuhi fenomena langit langka dan menarik untuk dipelajari. Lalu, apa yang terjadi di bulan Februari?

Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club menjelaskan bahwa blue moon atau purnama kedua dalam bulan yang sama pada Januari akan disusul bulan tanpa purnama.

"Bulan tanpa purnama itu artinya bahwa tidak akan ada purnama di bulan setelah blue moon. Misalnya, kemarin blue moon terjadi pada 31 Januari, akhir bulan, dan siklus purnama adalah 29,5 hari. Ini berarti pada bulan Februari yang hanya ada 28 hari, tidak akan ada purnama," kata Mutoha Kamis (1/2/2018).

Perkiraannya, purnama akan muncul lagi pada tanggal 2 Maret 2018, tambah Mutoha kepada Kompas.com.

Baca Juga: Sinar Matahari Membuat Kita Lebih Sulit Gemuk, Kok Bisa?

Meskipun tidak ada purnama, pada tanggal 15 Februari akan terjadi gerhana matahari sebagian. Gerhana tipe ini terjadi ketika sebagian sinar matahari tertutup oleh sebagian permukaan bulan saat mencapai puncak gerhananya.

Namun, peristiwa ini hanya terlihat dari wilayah Antartika, Argentina dan Cile.

Dilansir dari laman resminya, NASA mengingatkan bahwa saat terjadi gerhana matahari, baik total ataupun parsial, dilarang keras untuk melihat langsung ke arah matahari karena berbahaya bagi mata Anda.

Baca Juga: NASA Siapkan Dua Misi Baru untuk Teliti Bulan Terbesar Saturnus

Alex Young, Associate Director untuk ilmu pengetahuan di Divisi Ilmu Heliophysics di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard milik NASA di Greenbelt, Maryland, berkata bahwa sangat penting untuk menggunakan kacamata gerhana matahari yang tepat untuk melakukan pengamatan fenomena tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NASA
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com