Kompas.com - 31/01/2018, 11:00 WIB
Bulan purnama terbit di atas kota Roma, 23 Juni 2013. Bulan yang akan mencapai tahap penuh pada Minggu, 14 persen lebih dekat ke bumi dan dikenal sebagai fenomena supermoon. AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTEBulan purnama terbit di atas kota Roma, 23 Juni 2013. Bulan yang akan mencapai tahap penuh pada Minggu, 14 persen lebih dekat ke bumi dan dikenal sebagai fenomena supermoon.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Apakah Anda sudah menyiapkan kamera dan memilih lokasi yang tepat untuk "berburu" gambar gerhana bulan total nanti malam?

Jika sudah, ada beberapa cara untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Mutoha Arkanuddin, astronom dari Joga Astro Club, berbagi cara memotret peristiwa gerhana bulan total pada Rabu (31/1/2018).

"Untuk mendapatkan foto yang bagus, alangkah baiknya menggunakan kamera DSLR dengan lensa tele berukuran 300 mm ke atas. Baik juga menggunakan telescope-ring adapter untuk disambungkan dari kamera ke teleskop," katanya, Selasa (30/1/2018).

Apabila tidak memiliki kamera jenis DSLR, Anda bisa menggunakan kamera ponsel untuk melakukan pemotretan dengan menambah adapter untuk melakukan pembesaran gambar atau zoom obyek gambar.

Baca Juga: Super Moon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka, Bagaimana Mengamatinya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mutoha menyarankan mencari lokasi yang tepat untuk pengambilan gambar.

"Lebih menarik apabila kita mencari lokasi dengan foreground unik, misalnya jembatan, menara, tugu, atau ikon bangunan dan tekstur alam asalkan cuaca cerah," katanya.

Astronom tentu tidak akan melewatkan setiap proses terjadinya gerhana bulan total ini. Pengumpulan data terkait jarak, ukuran, dan pengaruhnya terhadap bumi adalah wajib dilakukan.

"Bagi orang awam, tentu cenderung mengabadikan saat puncak gerhana, tetapi tidak ada salahnya mencoba mengambil gambar secara berurutan dari awal hingga akhir," kata Mutoha.

Puncak gerhana di waktu Indonesia bagian barat akan terjadi sekitar pukul 20.29 WIB, wilayah Indonesia tengah akan terjadi sekitar pukul 21.29 Wita, dan di wilayah timur puncaknya akan terjadi sekitar 22.29 WIT.

BMKG Tabel GBT/ BMKG

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.