Virus Flu Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Vaksin Bisa Jadi Solusi

Kompas.com - 25/01/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorYunanto Wiji Utomo


KOMPAS.com - Di musim pancaroba seperti saat ini, saat daya tahan tubuh menurun maka penyakit akan mudah menyerang. Salah satu yang paling sering dialami adalah flu.

Flu, bukan hanya penyakit yang menyusahkan dan melelahkan. Rupanya, flu juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Sebuah penelitian terbaru yang terbit Rabu (24/1/2018) dalam New England Journal of Medicine membuktikan bahwa memang ada hubungan antara flu musiman dan kematian karena penyakit kardiovaskuler (jantung dan stroke).

Dr. Jeff Kwong, ahli epidemiologi dari Institut Ilmu Evaluasi Klinis dan Kesehatan Masyarakat Ontario di Kanada berkata bahwa risiko penyakit kardiovaskuler akibat flu bisa meningkat sampai enam kali lipat atau lebih.

Baca juga : Saat Flu, Cukup Istirahat di Rumah atau ke Dokter?

Seperti diterbitkan NPR, Rabu (24/1/2018), tantangan dalam penelitian ini adalah jamak orang dengan gejala flu cenderung abai dan tidak melakukan tes mendalam terhadap virusnya.

Sebab itu, Kwong bersama koleganya memutuskan untuk menggunakan hasil tes dari tes virus flu dan virus lain untuk mencocokkan dengan catatan pasien kardiovaskuler di rumah sakit.

"Ini pertama kalinya kami melakukan uji coba terhadap virus influenza di laboratorium dan kami yakin bahwa virus influenza bisa menyebabkan infeksi," kata Kwong.

Dia menjelaskan, saat seseorang mengalami flu sebenarnya banyak hal yang terjadi di dalam tubuh, termasuk peningkatan risiko serangan jantung.

Ketika flu datang, di dalam tubuh terjadi peradangan dan mengalami banyak tekanan.

"Di saat seperti itu, tingkat oksigen dan tekanan darah bisa menurun. Perubahan ini yang menyebabkan peningkatan risiko pembekuan (darah) di pembuluh darah yang semestinya menyuplai darah ke jantung terhambat," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.