Kompas.com - 24/01/2018, 21:05 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Selasa (23/01/2018) siang lalu, gempa cukup keras membuat warga Jakarta, Banten, dan sekitarnya berhamburan ke luar rumah dan kantor. Gempa berkekuatan M 6,1 itu berpusat di Samudera Hindia sebelah sebelah barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Diperkirakan pusat gempa ini berada di kedalaman 61 kilometer di bawah laut. Selain itu, pusat gempa berjarak 67 kilometer arah barat daya Sukabumi.

Gempa ini menandai aktifnya zona tektonik di kawasan tersebut.

Dampak Gempa Cukup Luas

Gempa yang terjadi pada pukul 13.34 WIB ini juga menjadi peringatan kesiapsiagaan terhadap gempa karena dampaknya bisa mencapai Jakarta, sekitar 140 kilometer dari pusat gempa.

Baca juga: Gempa Susulan Banten Sudah 46 Kali, Salah Satunya Bermagnitudo 5,1

Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, menyebut bahwa berdasarkan kedalaman sumber dan dampaknya, gempa ini diduga terjadi di intraslab atau dalam Lempeng Eurasia yang tertekan pergerakan Lempeng Indo-Australia.

"Ciri gempa intraslab menciptakan dampak guncangan cukup kuat. Gempa di zona ini seperti yang terjadi di Tasikmalaya pada 15 Desember 2017," ujar Daryono dilansir dari Kompas.id, Rabu (24/01/2018).

Hal itulah yang menyebabkan meski gempa tersebut berkekuatan kecil namun dampaknya cukup luas. Selain itu, saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat pada Selasa (23/01/2018), Daryono mengibaratkan dampak gempa seperti kerucut terbalik.

"Analoginya seperti kerucut yang terbalik, semakin dalam pusat gempa, maka wilayah yang terkena dampaknya akan semakin luas. Tetapi, kekuatannya berkurang seiring cakupan wilayahnya yang luas. Gempa itu merembet melalui kerak bumi, gempa tadi juga sampai ke Yogyakarta dan Lampung," kata Daryono.

Setara Gempa Aceh

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.