Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena "Coretan Dewa" di Langit Jepang, Benarkah Petunjuk Alien?

Kompas.com - 23/01/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Alien masih menjadi misteri besar di kalangan ilmuwan maupun awam. Karenanya, banyak fenomena yang dikaitkan dengan adanya alien.

Salah satunya fenomena langit aneh di Jepang beberapa hari yang lalu.

Warga di Kyushu, Jepang dibingungkan oleh pemandangan aneh berupa garis-garis cahaya di langit. Selain terlihat seperti garis cahaya, fenomena itu juga memperlihatkan mirip kabut asap berwarna yang berputar di langit.

Dalam video yang diunggah oleh warga setempat, di ujung bawah garis cahaya tersebut juga ada kilatan cahaya berbeda yang turun.

Baca juga : Dikira UFO, Cahaya Misterius Ini Ternyata...

Namun, dari gambar-gambar yang diunggah di Twitter menunjukkan pusaran awan tipis. Para ahli menyebut hal ini mirip dengan teori konspirasi "chemtrails".

Ini menimbulkan spekulasi bahwa fenomena ini merupakan tanda kehidupan alien. Ada pula yang berpendapat hal ini merupakan "coretan dewa".

Sayangnya, semua spekulasi ini salah. Ternyata fenomena aneh tersebut disebabkan oleh peluncuran Epsilon-3 Rocket yang berlangsung di Uchinoura Space Center, Prefektur Kagoshima pada Kamis (18/01/2018).

Dilansir dari Express, Minggu (21/01/2018), Fenomena tersebut diyakini terjadi karena kelembapan udara.

Kejadian semacam ini bukan pertama kalinya. Akhir tahun lalu,  sebuah cahaya aneh terlihat di langit California, Amerika Serikat.

Awalnya, warga mengira itu merupakan Unidentified Flying Object ( UFO). Tapi pihak berwenang kemudian memberi tanggapan bahwa cahaya aneh itu adalah reaksi dari peluncuran roket SpaceX di Florida.

Hingga saat ini kehidupan di luar bumi masih menjadi misteri. Belum ada yang dapat membuktikan bahwa hal itu benar-benar nyata.

Baca juga: 7 Isu soal Alien dan UFO Sepanjang 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com