Kompas.com - 21/01/2018, 10:07 WIB
Mentega. ThinkstockMentega.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Menurut Anda, manakah yang lebih sehat di antara mentega dan margarin? Jika Anda menjawab salah satu dari pilihan tersebut, maka ada kabar buruk.

Dokter Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, mengungkapkan bahwa keduanya ternyata sama saja.

Pasalnya, keduanya merupakan minyak yang dihidrogenasi atau diolah sehingga memiliki banyak bahan tambahan, seperti garam atau natrium.

“Kalau kita mengonsumsi butter atau margarin, maka kita akan menambah asupan garam. Itu butter atau margarin apapun, termasuk yang diklaim low salt (rendah garam),” ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Baca juga : 4 Cara Salah Pemakaian Minyak Zaitun

Mentega dan margarin juga disebutnya memiliki kandungan lemak trans yang tinggi dengan selisih yang tidak signifikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, Diana lebih merekomendasikan menggunakan minyak goreng dalam masakan, dan menyimpan mentega atau margarin Anda hanya untuk kue.

Namun, harus diingat bahwa penggunaan minyak, sekalipun minyak kelapa atau minyak zaitun, sebaiknya dibatasi.

Sebab, walaupun keduanya baik, minyak yang terpanaskan ketika digunakan untuk menggoreng atau menumis akan menjadi jenuh. “Kalau sudah begitu, sebenarnya tidak beda jauh dengan minyak goreng biasa,” kata Diana.

Lagipula, minyak akan menambahkan kalori pada makanan secara signifikan, sehingga sebaiknya digunakan dalam jumlah sedikit dengan cara disemprotkan ke panci.

“Atau kalau mau, beli panci yang bisa digunakan untuk menggoreng tanpa minyak. Itu lebih baik lagi,” imbuh Diana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.