Kali Pertama, Ilmuwan Temukan Resep Kehidupan dalam Meteorit

Kompas.com - 14/01/2018, 20:06 WIB
Meteorit Meteorit
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Untuk kali pertama, para ilmuwan menemukan semua bahan kehidupan dalam dua meteorit.

Dua meteorit tersebut jatuh di Texas, Amerika Serikat, dan Maroko pada tahun 1998. Sejak saat itu, para ilmuwan terus menganalisis kandungan yang tersimpan di dalamnya.

Selain mengandung air, meteorit mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk protein, karbon, oksigen, dan nitrogen. Melalui kandungan ini, para ilmuwan menyebutkan kedua meteorit dapat membawa kehidupan ke planet tampat mereka mendarat.

Unsur kimiawi tersebut diketahui berdasarkan identifikasi menggunakan sinar-X dari fasilitas Advanced Light Source (ALS) di Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley, California. Fragmen kristal yang dianalisis berukuran tak lebih lebar dari rambut manusia.

"Ini benar-benar pertama kalinya kami menemukan banyak bahan organik yang juga terkait dengan air yang sangat penting bagi asal usul kehidupan dan asal senyawa organik kompleks di luar angkasa," kata pemimpin penelitian Queenie Chan dari The Open University, Inggris, dilansir dari Science Alert, Jumat (12/1/2018).