Kompas.com - 13/01/2018, 18:04 WIB
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Medan yang sulit tidak lagi menjadi halangan bagi arkeolog untuk bekerja. Didukung kecanggihan teknologi, peneliti mampu mencari bukti-bukti penting dari situs yang sulit terjangkau.

Salah satunya adalah penelitian makam kuno di Siberia Selatan, Rusia, yang berada di tengah rawa di Lembah Sungai Uyuk. Awalnya, peneliti melihat sebuah struktur melingkar pada gambar beresolusi tinggi yang ada di lembah Sungai Uyuk, Siberia, dari layar komputernya.

Gino Caspari, seorang arkeolog yang mendapat dana dari Swiss National Science Foundation (SNSF), menduga kuat itu adalah makam milik seorang pangeran bangsa Skithia, yang dikenal sebagai orang Iran kuno.

Gino berkata ada harapan makam tersebut masih terjaga keasliannya, termasuk kemungkinan harta karun berharga di dalam makam.

Makam kuno pangeran Skithia tersebut merupakan makan terbesar di Siberia Selatan dan yang paling awal dibuat oleh bangsa Skithia.

Baca Juga: Makam Mesir Berusia 3.500 Tahun Dibuka untuk Kali Pertama, Apa Isinya?

Bekerja sama dengan tim peneliti dari Swiss dan Rusia, Gino berhasil membuktikan gundukan makam yang disebut Tunnug 1 atau Arzhan 0, mirip dengan konstruksi makam Arzhan 1 yang berada 10 kilometer ke arah utara dari lokasi lembah Sungai Uyuk.

Arzhan 1 diyakini sebagai area pemakaman para pangeran Skithian pertama di wilayah tersebut dan dikenal juga sebagai "Lembah Siberia Raja-raja". Hal itu karena ada banyak makam pangeran Skithia di lokasi tersebut.

Makam bangsawan paling awal biasanya terdiri dari sebuah kemasan batu dengan susunan ruangan yang melingkar. Dinding kamar mirip seperti dari tong yang terbuat dari kayu pinus.

Benda di pemakaman Skithia biasanya mencakup senjata, perlengkapan berkuda dan benda-benda yang didekorasi sesuai dengan ciri khas binatang.

Sementara itu, lokasi Arzhan 0 berada di tengah medan rawa, lokasi ini akan menyulitkan perampok harta karun makam untuk menjarah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.