Kompas.com - 13/01/2018, 17:00 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Fosil dinosaurus kembali ditemukan. Kali ini, fosil yang ditemukan cukup unik karena hanya seukuran kalkun.

Uniknya lagi, dinosaurus ini diklaim belum pernah ditemukan sebelumnya. Usia fosil ini diperkirakan 113 juta tahun dan merupakan hewan pemakan tumbuhan.

Fosil yang diberi nama Diluvicursor pickeringi tersebut menunjukkan betapa beragamnya dinosaurus herbivora berkaki dua atau yang sering disebut ornithopoda. Selain itu, fosil ini juga memberitahu kita tentang dinosaurus apa saja yang tinggal di antara Australia dan Antartika.

"Kerangka dari dinosaurus asal Australia ini sangat langka," ungkap Matthew Herne, ahli paleontologi sekaligus pemimpin penelitian ini dikutip dari CNN, Kamis (11/01/2018).

Baca juga: Berusia 99 Juta Tahun, Kutu Drakula Ini Mengisap Darah Dinosaurus

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Peer J tersebut menjelaskan bahwa belum diketahui apa yang menyebabkan dinosaurus ini terkubur. Tapi Herne berspekulasi bahwa ia terkubur saat ada banjir di sungai.

Sebenarnya, fosil ini ditemukan sejak 2005 oleh George Caspar. Fosil ini terkubur jauh didasar sungai bersama dengan tumpukan batang kayu, dahan, dan tunggul pohon.

Nama Diluvicursor pickeringi berarti "dinosaurus yang terkubur banjir milik Pickering". Nama ini juga diberikan untuk menghormati David Pickering, seorang ahli paleontologi Australia yang sangat dihormati dan meninggal pada 2016.

Herne mengatakan bahwa lokasi penemuan fosil ini merupakan sungai yang besar dan berarus deras. Dinosaurus ini sepertinya melintasi sungai tersebut sebelum terjebak dan terkubur banjir.

"Bangkai dari Diluvicursor pickeringi ini tampaknya terjebak dalam tumpukan kayu di dasar sungai," kata Herne dikutip dari Mirror, Kamis (11/01/2018).

"Beberapa kumpulan batang kayu yang besar menunjukkan bahwa telah terjadi banjir di sungai sekitar hutan yang lebat," sambungnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN,Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.