Kali Pertama Ditemukan di Alam Semesta, Batu Mesir Bingungkan Peneliti

Kompas.com - 12/01/2018, 19:07 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com — Secara alami, batuan terbentuk dari mineral atau mineraloid. Ada yang terbentuk dari magma cair, endapan sedimen, atau perubahan bentuk dari batuan yang sudah ada sebelumnya.

Namun, batu yang ditemukan di kawasan Mesir Selatan pada 1996 membingungkan para ilmuwan.

Batu ini diberi nama Hypatia, diambil dari nama Santa Alexandria dalam agama Katolik. Batu  ini diyakini berasal dari luar angkasa. Namun, wujudnya tidak tampak seperti meteorit biasa atau asteroid. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa kandungan mineral mikronya pun tidak seperti apa yang pernah kita jumpai di alam semesta.

Baca juga: Apa Itu Demam Antariksa, Kondisi Aneh yang Menyerang Astronot?

Biasanya meteorit tersusun atas banyak unsur silikon dan sedikit karbon. Akan tetapi, seperti yang sudah dilaporkan dalam jurnal Geochimica et Cosmochimica Acta, batu hypatia mempunyai komposisi yang berkebalikan.

Hypatia memiliki kandungan senyawa karbon yang banyak dan hampir semuanya telah berubah menjadi berlian mikro. Beberapa senyawa karbonnya sangat menarik karena memiliki kandungan hidrokarbon polyaromatik (PAH), komponen utama debu antarbintang. Selain itu, batu hypatia juga memiliki kandungan aluminium murni.

"Aluminium di sini berbentuk sebagai logam murni sendiri, dam tidak tercampur dengan senyawa kimia yang lain," kata Georgy Belyanin dari Universitas Johannesburg, Afrika, dilansir dari IFL Science, Kamis (11/1/2018).

"Sebagai perbandingan, emas terbentuk di bongkahan, tapi aluminium tidak pernah melakukannya. Kejadian ini sangat jarang terjadi di Bumi dan bagian tata surya sejauh yang diketahui dalam sains," imbuhnya.

Hal lain yang unik dari batu hypatia adalah batu tersebut memiliki kandungan mineral yang disebut moissanite atau senyawa silikon korbida dalam bentuk unik. Juga terkandung nikel-fosfor dengan sedikit zat besi, sebuah kombinasi yang tak pernah ditemukan di Bumi.