Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Pernah Jajah AS, Bagian Pistol Berusia 500 Tahun Ini Buktinya

Kompas.com - 05/01/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber FOXNews

KOMPAS.com - Sebuah bagian pistol kuno ditemukan di Colorado. Bagian pistol tersebut diperkirakan berusia 500 tahun.

Lengan pegas, bagian pistol yang ditemukan tersebut, dikenal dengan istilah "dog" ditemukan bersama bagian pelatuknya. Menurut Museum of Western Colorado, benda tersebut merupakan bagian dari pistol wheellock.

"Dog itu ditemukan sebagai bagian penggalian arkeologi yang dilakukan oleh Western Investigations Team (Museum of Western Colorado) dari sebuah Situs Redoubt, yang mencakup beberapa alat perang dan memorabilia kolonial Spanyol lainnya," jelas David Bailey, kurator museum tersebut dikutip dari Fox News, Jumat (05/01/2018).

Bailey juga menjelaskan bahwa situs tersebut ditemukan di dekat sebuah benteng kecil beberapa tahun lalu di Grand Junction Colorado.

Baca juga: Tulisan 2.000 Tahun Ungkap Kisah Kaisar China yang Ingin Hidup Abadi

Seperti yang diketahui, Spanyol sempat menjajah Amerika Serikat bagian barat daya, mencakup California, Nevada, Arizona, New Mexico, Utah, Colorado, Oklahoma, dan Texas. Tentu penemuan pistol ini menjadi salah satu titik terang tentang sejarah kolonial Spanyol di negara bagian tersebut.

"Setelah menganalisis materi, kami menemukan ada sebuah dog dan pelatuk yang berasal dari sebuah pistol Spanyol paling awal yang dikenal sebagai wheellock," imbuhnya.

Wheellock sendiri merupakan pistol yang memiliki panjang hampir 60 sentimeter. Pistol ini pertama kali muncul di Eropa sekitar tahun 1.500.

Pada tes metalurgi, bagian pistol tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-16 atau ke-17. Inilah yang membuat penemuan tersebut sesuatu yang tidak biasa.

"Pentingnya penemuan ini adalah materi tersebut biasanya ditemukan di Texas atau New Mexico dan sejauh ini tidak ditemukan di utara Colorado barat," ungkap Bailey.

Sejarawan menjelaskan bahwa dog tersebut memperketat dua klem (penjepit) yang menahan batu api (peluru untuk pistol zaman dahulu yang berbentuk seperti gotri, red) di tempat untuk menyalakan bubuk pistol.

"Ada banyak teori tentang bagaimana material ini sampai ke utara, mungkin sias-sisa eksplorasi Spanyol atau materi ini diperdagangkan kepada suku Ute Indian yang hidup di area ini," katanya.

Baca juga: Arkeolog Temukan Cermin China Kuno Berusia 1.900 Tahun

"Banyak misteri yang tersisa tentang situs ini dan kami masih berusaha untuk menemukan bukti tambahan mengapa artefak kolonial Spanyol bisa ditemukan di utara dan dari periode awal seperti itu," tambahnya.

Dengan kata lain, bagian pistol ini merupakan penemuan arkeologis terbaru yang bisa memberi gambaran sekilas tentang sejarah penjajahan Spayol di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com