Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena dan Misteri Langit yang Mungkin Akan Terungkap tahun 2018

Kompas.com - 03/01/2018, 12:20 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com - Rutinitas kita selama hidup di Bumi sepertinya mudah ditebak dan itu-itu saja, datar. Jangan resah, ada tujuh kejadian luar biasa dan menakjubkan yang akan terjadi pada 2018 nanti.

Setidaknya fenomena alam di 2018 akan menjadi warna indah dalam hidup kita.

Gerhana

Tidak ada gerhana matahari total pada 2018. Namun, ada dua gerhana bulan dan tiga gerhana matahari sebagian yang berpotensi diamati.

Dari sekian gerhana itu, gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 merupakan yang terbaik bagi warga Indonesia. Sebabnya, gerhana bisa diamati di semua tempat dan selurug fase.

Gerhana bulan tptal pada 27 Juli 2018 berpotensi diamati oleh warga Aceh. Sesuai prediksi NASA, di wilayah Indonesia lain, gerhana bertepatan dengan tenggelamnya bulan. Jadi, hanya sebagian kecil tahapan gerhana yang bia diamati.

Hujan meteor

Anda bisa mengambil beberapa foto spektakuler dari fenomena hujan meteor Perseid. Puncaknya akan terjadi pada 12-13 Agustus dengan maksimal 60 meteor per jam.

Kedua adalah hujan meteor Geminid, yang akan memuncak 13-14 Desember sampai 120 meteor per jam.

Apabila ingin melihat agenda hujan meteor lainnya, Anda hanya tinggal melihat kalendernya di link ini  atau di sini 

Baca Juga: Dari Langit, Tampak 400 Struktur Misterius di Arab Saudi, Apakah Itu?

Dua lubang hitam yang berada pada jarak 1,3 miliar tahun cahaya menjadi satu, menghasilkan gelombang gravitasi yang terdeteksi instrumen LIGO. Gelombang gravitasi itu membuktikan kebenaran teori Einstein. Sky News Dua lubang hitam yang berada pada jarak 1,3 miliar tahun cahaya menjadi satu, menghasilkan gelombang gravitasi yang terdeteksi instrumen LIGO. Gelombang gravitasi itu membuktikan kebenaran teori Einstein.

Wahag Lubang Hitam

Selama ini, ilmuwan mengenal event horizon, bisa diibaratkan seperti pintu gerbang ke lubang hitam. Jika telah memasukinya, maka apapun takkan bisa kembali.

Ilmuwan sebelumnya menggelar pengamatan lima malam pada lubang hitam Sagitariu A. Tahun ini, foto "point of no return" lubang hitam itu mungkin akan diperoleh.

Misteri Bulan

Tahun 2018, sejumlah negara menargetkan bulan sebagai target eksplorasi. India akan mengirim misi ke bulan untuk pertama kalinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com